Kompas.com - 14/06/2018, 19:40 WIB

KOMPAS.com - Bagi keluarga hari libur seperti libur sekolah dan libur Hari Raya Lebaran ini adalah momen tepat untuk dihabiskan bersama keluarga.

Sebagian menghabiskan liburan di rumah namun banyak juga merencanakan pergi seperti ke tempat wisata atau mal. Saat mengajak anak pergi keluar rumah, orangtua perlu memberikan perhatian ekstra. Kenapa?

Anak mudah tertarik dengan lingkungan di sekitarnya dan bisa lepas dari pengawasan orangtua. Kehilangan anak saat bepergian ke luar rumah tentu menjadi mimpi buruk bagi semua orangtua.

Kunci utama agar anak selalu aman dan tidak hilang di tempat umum adalah anak harus terus berada di bawah pengawasan orangtua. 

Agar tidak terjadi hal demikian, Pam Myers, BSeD dalam Child Development Info memberikan 3 tips berikut ini:

1. Beri pemahaman anak

Anak harus mengetahui informasi dasar mengenai dirinya bila suatu saat anak tersesat.  Ini dilakukan supaya petugas keamanan atau polisi mudah untuk mempertemukan anak dengan orangtua. Beberapa hal yang perlu diajarkan kepada anak meliputi: nama lengkap, umur, nama orangtua asli dan bukan panggilan “ayah” atau “ibu”.

Beberapa informasi tambahan perlu diajarkan kepada anak yang sudah mengenal angka seperti daerah tempat tinggal atau menghafal salah satu nomor telepon orangtua. 

Bukan hanya informasi mengenai diri saja, orangtua harus memberitahu peraturan-peraturan lain selama bepergian keluar. Misalnya, selalu berpegangan supaya tidak terpisah di tempat yang ramai atau orangtua bisa menggendongnya bila memungkinkan.

Baca juga: Tips Mudik Menyenangkan Bersama Si Kecil

 

Untuk area bermain luas seperti taman atau pantai, beri batasan area bermain pada anak, sekaligus tempat-tempat yang aman bermain untuknya. Pastikan area ini masih terjangkau dalam pengawasan orangtua.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.