Jelang Tahun Ajaran Baru, Ini 5 Tips Memilih TK untuk Anak

Kompas.com - 20/06/2018, 18:56 WIB
Anak dengan kemampuan berbahasa yang baik dapat mengendalikan kemarahannya lebih baik. shutterstockAnak dengan kemampuan berbahasa yang baik dapat mengendalikan kemarahannya lebih baik.

KOMPAS.com - Liburan hampir berakhir dan tahun ajaran baru akan datang menjelang. Orangtua yang memiliki anak balita (bawah lima tahun) akan mulai sibuk memilih sekolah terbaik untuk anak tercinta.

Ada beberapa orangtua memilih sekolah untuk anak atas pertimbangan ikut teman. Anak teman bersekolah di A, mereka ikut menyekolahkan di A.

Ada juga orangtua memilih karena pertimbangan gedung dan fasilitas sekolah bagus. Bahkan tidak sedikit pula memilih sekolah anak mengikuti gengsi. Dan, masih banyak alasan lain menjadi dasar orangtua memilih sekolah untuk anaknya.

Perlu diperhatikan, jangan sampai salah memilihkan sekolah sehingga membuat anak tidak nyaman dan 'mogok' di tengah jalan atau malah trauma sekolah. 

lalu, bagaimana cara memilihkan sekolah yang tepat untuk anak?

Sahabat Keluarga dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan beberapa tips berikut yang dapat menjadi acuan orangtua :

1. Jarak tidak terlalu jauh

Faktor utama dalam memilih sekolah untuk pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jarak sekolah yang tidak terlalu jauh. Mengapa? Jarak tempuh yang terlalu jauh bisa membuat anak kecil kelelahan di jalan. Rasa lelah itu bisa membuat anak tidak bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah.

2. Pembelajaran menyenangkan

Suasana belajar menyenangkan, tidak membosankan, dengan pola pembelajar yang kreatif akan membuat anak senang belajar. Tidak kalah pentingnya adalah kepribadian guru-guru pengajarnya. Ramah, suka tersenyum dan baik hati membuat anak merasa nyaman, merasa diterima sehingga membuat mereka senang berada di sekolah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X