Yokawan, Permainan yang Terinspirasi "Jumanji" Karya 5 Mahasiswi IPB

Kompas.com - 05/07/2018, 15:43 WIB
Yokawan, papan permainan karya 5 mahasiswi IPB yang terinspirasi film Jumanji Instagram YokawanYokawan, papan permainan karya 5 mahasiswi IPB yang terinspirasi film Jumanji

JAKARTA, KOMPAS.com - Lima mahasiswi Institut Pertanian Bogor ( IPB) menghasilkan karya sebuah permainan yang mereka namakan " Yokawan".

Yokawan merupakan sebuah papan permainan yang terinspirasi dari film Jumanji.

Kelima mahasiswi tersebut adalah Hilma Rosmy N, Fanisya Febriyanti H, Huky Arvi Loany, Sri Wulan, dan Sukma Dewi Heidy S.

Mereka berasal dari dua jurusan berbeda yakni Sains Komunikasi Pengembangan Masyarakat dan Ilmu Keluarga.

Baca juga: Si Elang, Mobil Listrik Ramah Lingkungan Karya Mahasiswa Untidar

Tujuan permainan ini salah satunya untuk mengedukasi anak-anak mengenai keragaman fauna yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Dalam permainan ini, ada sentuhan kreativitas dan inovasi yang dapat menjadi media pengenalan hewan endemik di Indonesia.

Seperti apa Yokawan?

 

Yeay! Ini dia Boardgames YOKAWAN..Kami siap hadir untuk Indonesia ????????

A post shared by PKM-M YOKAWAN IPB (@pkmm.yokawan) on May 8, 2018 at 5:29am PDT

Ide Permainan

Proses dari ide hingga pengembangan Yokawan membutuhkan waktu sekitar empat bulan.

Munculnya inspirasi pembuatan Yokawan ketika film "Jumanji 2" tayang di bioskop pada Desember 2017.

"Berawalnya, ketika tayang film Jumanji di bioskop Desember kemarin. Kemudian, banyak berita terkait perburuan hewan, ancaman kelestarian hewan, dan lain-lain di media. Kemudian kami teringat film Jumanji yang pertama, di mana latar tempatnya di Kalimantan, dan Jumanji pertama banyak memunculkan hewan-hewan. Nah, kebetulan fakultas kami di IPB kan Fakultas Ekologi Manusia. Jadi kami merasa terpanggil terkait hal tersebut," kata salah satu mahasiswi kreator Yokawan, Huky, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (5/7/2018) siang.

Baca juga: Terkagum-kagum Jajal Mobil Listrik Karya Mahasiswa di IIMS

Pengembangan ide permainan ini mendapatkan dukungan dana dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) melalui Program Kreativitas Mahasiswa sebagai tim yang lolos PKM Pengabdian Masyarakat (PKM-PM).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X