Kompas.com - 15/07/2018, 21:06 WIB

KOMPAS.com - Tim Robotika mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dikukuhkan sebagai Juara Umum Kontes Robot Indonesia (KRI) 2018 tingkat nasional di Gedung Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Jumat (13/7/2018) malam.

Tim River, wakil ITS dalam Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) berhasil menyabet juara pertama.

“Dengan hasil ini, memang benar bahwa hasil tidak akan menghianati usaha,” ujar Edo Kusuma, ketua tim River seperti dilansir dari laman resmi ITS.

Di sisi lain, Tim Iris yang bermain pada divisi Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda harus rela menduduki peringkat kedua usai menelan kekalahan 3-1 atas URT-Roso dari Universitas Islam Sultan Agung.

“Selain bola yang licin, kami pun terkendala mesin penggiring bola yang terbakar,” jelas Muhammad Azhar Ismail, ketua tim.

Tak jauh berbeda dengan Tim Abinara-1 di divisi Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) mendapatkan juara 2 usai berhasil mengumpulkan total nilai 6,22 dari tiga putaran.

Baca juga: ITS Jadi Pemenang Piala Dunia Robotik di Kanada

Bernasib sama, dengan tarian dan hentakan kaki robot Tim V-Rose dari divisi Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) pun berhasil menduduki juara kedua.

Piala KRI 2018 diterima oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Heru Setyawan.

Dari 5 divisi, ITS berhasil meraih enam penghargaan dari 4 divisi yang diikuti. Selain menjadi jawara, Tim River juga meraih penghargaan kategori Strategi Terbaik. Sama halnya dengan Tim Abinara-1 yang mendapat penghargaan kategori Desain Terbaik.

Sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, pada kontes bergengsi ini, sang juara dunia Tim Ichiro dari divisi KRSBI Humanoid (berkaki) terpaksa mengundurkan diri dari pertandingan.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.