PPK Hari Pertama Sekolah: Guru Tersenyum, Murid Nyaman di Kelas

Kompas.com - 16/07/2018, 16:50 WIB
Para kakak asuh di SDN 2 Cakranegara menemani murid kelas satu, mengenali lingkungan sekolah. KOMPAS.com/ Karnia SeptiaPara kakak asuh di SDN 2 Cakranegara menemani murid kelas satu, mengenali lingkungan sekolah.

KOMPAS.com - Hari pertama masuk sekolah (16/7/2018) memasuki tahun ajaran baru 20018/2019, sekolah diwajibkan melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) sebagai pengganti Masa Orientasi Sekolah (MOS).

Seiiring hal itu, gerakan Penguatan Pendidikan Karakter ( PPK) di sekolah juga turut dimulai.

PPK merupakan gerakan untuk memperkuat karakter siswa melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan pelibatan kerja sama antara sekolah, keluarga, dan masyarakat sebagai gerakan dari revolusi mental yang dicanangkan pemerintah.

1. Prinsip PPK

Sesuai dengan Permendikbud nomor 20 tahun 2018, Penguatan Pendidikan Karakter dilakukan dengan menggunakan prinsip:

  • Berorientasi pada berkembangnya potensi peserta didik secara menyeluruh dan terpadu.
  • Keteladanan dalam penerapan pendidikan karakter pada masing-masing lingkungan pendidikan.
  • Berlangsung melalui pembiasaan dan sepanjang waktu dalam kehidupan sehari-hari.

Pihak penyelenggara program PPK yakni sekolah, keluarga, dan masyarakat. Sedangkan pelaksanaan dari PPK menggunakan pendekatan berbasis kelas, budaya sekolah, dan masyarakat.

2. PPK dalam MPLS

Direktorat Pendidikan Dasar meminta guru dan tenaga kependidikan dapat melakukan serangkaian kegiatan penyambutan siswa baru. Kegiatan yang dapat dilakukan sebagai pembiasaan dari budaya sekolah yaitu, guru datang lebih pagi untuk bersalaman dengan siswa, sebagai wujud penerapan keteladanan bagi siswa.

Baca juga: Bukan Perploncoan, 3 Kegiatan Ini Akan Dilakukan Selama MPLS

 

Perlihatkan senyuman ramah sehingga mampu memberikan rasa aman dan nyaman terhadap siswa. Sebagai wujud pendekatan dengan masyarakat, guru juga dapat berkomunikasi dengan orang tua, apabila siswa diantarkan oleh orang tua/wali.

Selanjutnya, ketika dalam pelaksanaan upacara penyambutan, Kepala sekolah memberikan nasehat dan pengarahan mengenai tata tertib di sekolah, sehingga siswa dapat menerapkan kedisiplinan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X