Banyak Bimbel Berprestasi? Belum Tentu, Ini Hasil Penelitiannya

Kompas.com - 17/07/2018, 20:06 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Memasuki tahun ajaran baru, tawaran ekstra kurikuler (ekskul), bimbingan belajar (bimbel), kursus atau les ini-itu mulai berdatangan.

Tidak salah bila orangtua berpikiran bahwa aneka kegiatan tambahan di luar sekolah tersebut memberi dampak positif bagi perkembangan anak.

Setiap orangtua pasti akan memberikan yang terbaik bagi anak. Tak jarang, orangtua mendaftarkan berbagai ekskul, les bimbel, hingga kursus privat mulai dari les musik, bahasa atau olahraga.

Semua ini dilakukan dengan harapan anak berprestasi dan memiliki kesempatan lebih besar untuk sukses di masa depan.

Namun, penelitian dilakukan D. Sharon Wheeler dan dipublikasikan dalam Taylor and Francis Journal Sport, Education, and Society justru menemukan terlalu banyak ekskul akan memberikan resiko lebih banyak daripada manfaatnya. 

Terlebih bila berbagai kegiatan itu terlalu dipaksakan dan berlebihan tanpa mempertimbangkan keinginan dan minat anak.

1. Kelelahan dan tidak fokus

Penelitian dilakukan dengan cara mewawancarai 50 keluarga dari 12 SD di  Inggris. Sekitar 88 persen dari seluruh anak mengikuti kegiatan di luar jam sekolah hingga 4-5 kali dalam seminggu, sementara 58 persennya mengikuti lebih dari satu ekskul yang dimulai pada malam hari.

Penelitian menemukan anak-anak usia SD yang mengikuti ekskul dan kegiatan tambahan di luar sekolah hingga 4-5 kali dalam seminggu, bahkan hingga sampai larut malam, membuatnya mudah kelelahan dan tidak fokus sehingga jarang menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga.

2. Harapan orangtua terlalu tinggi

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X