Menggedor Daya Saing SMK Jurusan Otomotif

Kompas.com - 19/07/2018, 19:02 WIB
AHM memberikan kesempatan para siswa di SMK binaan untuk melakukan magang atau praktik kerja industri di jaringan AHASS. Dok. AHMAHM memberikan kesempatan para siswa di SMK binaan untuk melakukan magang atau praktik kerja industri di jaringan AHASS.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebutuhan tenaga kerja terampil dunia industri di berbagai sektor sedang mendapat sorotan besar. Dunia pendidikan menjadi ujung tombak pemenuhan kebutuhan itu.

Salah satunya melalui pendidikan vokasi di Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK) yang diharapkan mampu melahirkan tenaga kerja terampil, berkarakter, dan bersaing memenuhi kebutuhan sumber daya manusia.

Kondisi ini menggerakkan Presiden RI Joko Widodo mengeluarkan Instruksi Presiden No 9 tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK yang kurikulumnya disempurnakan dan diselaraskan dengan kompetensi sesuai tuntutan dunia kerja atau industri.

1. Peran industri

SMK diharapkan mempunyai rekan industri untuk menjaga kualitas lulusan yang link and match dengan kebutuhan tenaga kerja saat ini.

Sejak 8 tahun lalu PT Astra Honda Motor ( AHM) mencoba menjawab kebutuhan itu dengan mengembangkan program kurikulum Teknik Sepeda Motor (TSM) Astra Honda. Program bertajuk Pendidikan Satu Hati itu sudah diimplementasikan di 667 SMK mitra binaan di 31 provinsi. 

Siswa lulusan SMK dengan Kurikulum TSM Astra Honda terbukti banyak mengisi lapangan pekerjaan di industri otomotif. Tahun lalu 42 persen pasokan tenaga mekanik baru di bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) diisi oleh lulusan SMK TSM Astra Honda.

Pada semester pertama tahun ini jumlahnya bertambah 157 orang. Hal itu mengikuti kebutuhan lebih luas dari jaringan Honda.

2. Membuka lapangan kerja 

Di sisi lain AHM juga membuka kesempatan selebar-lebarnya bagi lulusan TSM Astra Honda bekerja sebagai operator pabrik di Sunter, Cikarang, atau Karawang. Sekitar 96 persen kebutuhan operator baru dipasok oleh lulusan SMK mitra binaan AHM.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X