Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Hari Anak Nasional, WVI Gelar Turnamen Futsal di Surabaya

Kompas.com - 23/07/2018, 20:50 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Dalam rangka perayaan Hari Anak Nasional (HAN), Wahana Visi Indonesia (WVI) bersama Karang Taruna Simolawang dan Polsek Simokerto menyelenggarakan turnamen futsal Rusun Cup U-12.

Turnamen ini dilaksanakan di lapangan futsal Rusun Sombo, yang merupakan hasil pembangunan Pemkot Surabaya dan diiikuti oleh 15 Forum Anak atau sekitar 180 peserta di wilayah Kecamatan Simokerto. “

1. Belajar kompetisi sehat

Turnamen dimulai pada hari ini (23/7/2018) dan final di lakukan 29 Juli 2018. Melalui kegiatan HAN ini diharapkan anak-anak bisa belajar mengenai kompetisi sehat dan kerja sama tim,” ujar Masdah Saragih, Kapolsek Simokerto.

Ia menambahkan, “Kami sangat mengapresiasi Wahana Visi Indonesia, yang telah menginisiasi kegiatan ini dan terus berkomitmen untuk mendukung kesejahteraan anak-anak, khususnya yang berada di wilayah Surabaya ini."

Baca juga: Tagar "DimulaiDariSaya" Simbol Gerakan Penghapusan Kekerasan Anak

 

Dalam kegiatan ini turut hadir Ilija Spasojevic pemain naturalisasi dari Timnas. Spaso akan memberikan motivation speech dan bermain futsal bersama anak-anak.

2. Berharganya kehidupan anak

Turnamen dilakukan dengan sistem gugur dan dilaksanakan setiap hari Senin-Jumat Pk.15.00-17.00 WIB. Kompetisi futsal ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan perayaan HAN selain kegiatan lainnya seperti dance competition, pawai sepeda ceria dan bazar.

Puncak acara kegiatan akan dilaksanakan pada tanggal 5 Agustus 2018 di Kampung Sibar (Sinau Bareng) RW 01 Sidodadi.

“Hari Anak Nasional merupakan momentum yang baik untuk kembali mengingatkan kepada kita betapa berharganya kehidupan anak-anak, tidak hanya untuk keluarganya namun juga bangsa," ujar Ajeng Herning, Area Program Manager Surabaya WVI.

Mengusung tema Arek Surabaya Genius (Gesit, Empati, Berani, Ulet dan Sehat), WVI berharap komitmen semua pihak terhadap kesejahteraan anak semakin ditingkatkan. Perayaan HAN kali ini juga digunakan untuk membangun kesadaran publik terkait penghapusan kekerasan terhadap anak, tambah Ajeng.

3. Momen menggugah kepedulian 

Selain kompetisi futsal, WVI juga turut melakukan dukungan atas terselenggaranya HAN 2018 dengan pelaksanaan Jambore Anak Jakarta yang akan berlangsung pada 28-29 Juli 2018.

Acara akan dilaksanakan oleh WVI Area Program (AP) Jakarta dan akan mengajak ratusan anak dan para pelajar dari wilayah Jakarta.

Putri ianne Barus, Field Communications WVI menyampaikan HAN merupakan hari yang seutuhnya menjadi milik anak-anak Indonesiasehingga setiap anak Indonesia memiliki kesempatan berkarya dan mengekspresikan diri.

HAN merupakan saat tepat menggugah kepedulian masyarakat akan anak, agar anak dapat tumbuh menjadi penerus bangsa yang berkualitas.

"Melalui pelaksanaan HAN, kami berharap anak-anak Indonesia bisa mendapatkan perlakuan terbaik di kehidupan mereka, dan orang dewasa serta pemerintah semakin peduli untuk memperhatikan kelangsungan hidup anak-anak Indonesia," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com