Kompas.com - 23/08/2018, 23:11 WIB

KOMPAS.com - ”Jebret! Jebret! Gooooool...! Goool...!” teriak seorang anak, begitu Lilipali membuka gol pertama di pertandingan sepak bola Asian Games antara Indonesia melawan China Taipe.

Raut mukanya sangat girang. ”Indonesia! Indonesia!” lanjutnya seperti mengikuti gemuruhnya suara penonton di stadion.

Semangat dan rasa bangga ini ternyata mampu menarik anak menyaksikan pertandingan-pertandingan lainnya, bukan saja sepak bola tapi juga badminton, voli, lari, renang, dan lainnya. Asian Games ternyata dapat menjadi momen penting menanamkan berbagai karakter terhadap anak.

Menurut Sahabat Keluarga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ada 3 hal penting yang akan didapatkan anak-anak dari Asian Games yang sedang berlangsung di negeri kita.

Baca juga: Surat Siswa SD untuk Atlet Asian Games 2018, Lucu dan Menyentuh (1)

 

Ketiganya mencakup nilai pendidikan yang sangat relevan dengan kurikulum 2013. Ketiga aspek tersebut adalah sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Apa saja nilai yang dapat diajarkan kepada anak dari penyelengaraan Asian Games 2018?

1. Jiwa nasionalisme

Anak dapat belajar melalui rasa bangga terhadap atlet atau tim nasional yang begitu semangat berjuang. Melalui rasa bangga ini, anak akan mengungkapkan kecintaan terhadap negeri ini beserta kekuatannya dengan berbagai cara. Meski kadang cukup sederhana namun itu semua sudah dapat dijadikan indikator kecintaan terhadap negeri.

2. Bangga bangsa

Banyak reaksi muncul sebagai efeknya atas rasa bangga tersebut. Ada anak menggambar bendera merah putih ditempel di pipi atau di dadanya. Ada berjoget semangat berjoget begitu mendengar lagu Via Vallen "Meraih Bintang" berkumandang. Bahkan tidak sedikit meminta kepada orangtua dibelikan kostum garuda atau Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.