Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengkaji Ulang Penggunaan Gawai pada Anak

Kompas.com - 17/10/2018, 19:29 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Pusat Kajian Perlindungan Anak Indonesia (PUSKAPA) bekerjasama dengan UNICEF menyelenggarakan seri pembelajaran bulanan bertajuk “Ending Childhood Violence” di Auditorium Komunikasi, FISIP UI pada Jum’at (12/10/2018).

Pada bulan ini, diskusi membahas anak-anak dengan teknologi di era digital. Diskusi ini menghadirkan beberapa pembicara di antaranya: Roy Huiismans (Profesor ISS Erasmus University), Aris Kurniawan (Sub Direktorat Literasi Digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI), dan Donny (ICT Watch Indonesia).

Pemaparan pertama dilakukan Roy Huiismans selaku akademisi yang menceritakan hasil penelitiannya mengenai paparan anak usia 11 sampai 15 tahun oleh smartphone dan internet di area pedesaan Laos dan Vietnam.

DIlansir dari laman resmi UI, Roy mengatakan kalau di keluarga kelas menengah ke bawah anak-anak lebih dulu memiliki dan menggunakan smartphone dibandingkan orang tuanya. Hal ini mengkhawatirkan, karena orangtua tidak bisa mengawasi secara langsung penggunaan smartphone dan internet oleh anak-anak.

Baca juga: Tim UI Peduli Berikan Bantuan Logistik untuk Palu - Donggala

Selanjutnya, Aris Kurniawan sebagai perwakilan dari badan pemerintahan memaparkan upaya-upaya yang sudah dan akan terus dilakukan pemerintah untuk memblokir dan mengurangi pengaruh buruk teknologi digital.

Langkah-langkah yang terus dilakukan antara lain pemblokiran situs pornografi, perjudian, serta konten kekerasan lain. Hal ini menjadi urgensi dari tim Cyber Drone 9 dalam melindungi pengguna internet di bawah umur.

Beberapa upaya lain yang sedang dan akan dilaksanakan oleh pemerintah ialah gerakan nasional literasi digital, pengembangan kurikulum, pengembangan komunitas dan proyek kolaborasi.

Tidak jauh berbeda dengan paparan Aris, Donny menceritakan pengalamannya selama bekerja sama dengan badan pemerintahan dalam pengarahan penggunaan internet untuk anak-anak.

Ia mengatakan bahwa ancaman penggunaan smartphone dan internet terhadap anak tidak hanya secara online seperti cyber bullying, namun anak tetap mungkin mendapatkan kekerasan di dunia nyata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com