Juara "DigiCON6 Asia 2018", Mahasiswa UMN Wakili Indonesia ke Jepang

Kompas.com - 27/10/2018, 08:54 WIB
UMN meraih beberapa penghargaan 20th DigiCON6 ASIA untuk tingkat nasional. Perlombaan film pendek tahunan ini diselenggarakan secara rutin oleh Tokyo Broadcasting System (TBS). Dok. UMNUMN meraih beberapa penghargaan 20th DigiCON6 ASIA untuk tingkat nasional. Perlombaan film pendek tahunan ini diselenggarakan secara rutin oleh Tokyo Broadcasting System (TBS).

KOMPAS.com - Dua tim animasi mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara ( UMN) menjuarai "20th DigiCON6 ASIA" untuk tingkat nasional. Perlombaan film pendek tahunan ini diselenggarakan secara rutin oleh Tokyo Broadcasting System (TBS).

Karya film animasi "Keluarga Satu Setengah" dan "Life Of Death" berhasil membawa mereka ke Jepang bertanding dengan karya-karya animator lain di Asia.

Hal ini diumumkan dalam DigiCON Asia Awards di Jakarta pada Sabtu (20/10/2018).

Film animasi "Keluarga Satu Setengah", karya Michaela Clarissa Levi, Robert Sunny dan Raffael Arkapraba Gumelar, mengisahkan tentang seorang anak bernama Agung yang mengidap penyakit Obsessive Compulsive Disorder (OCD) dan Ibunya yang terkena penyakit Post Traumatic Stress Disorder (PTSD).

Melalui film animasi ini, Michaela, Robert dan Raffael ingin menumbuhkan rasa empati penonton kepada para penderita penyakit mental dengan cara menggambarkan perasaan para penderita tersebut.

Mereka berhasil mendapatkan 20th DigiCON6 Asia Regional Indonesia Silver Prize.

Robert Sunny mengatakan semua karya yang dilombakan memiliki ciri khas masing-masing. Namun karya timnya, Keluarga Satu Setengah, bisa dikatakan memiliki keunikan pada topik yang diangkat yaitu penyakit mental.

Baca juga: Di Garis Depan Industri 4.0, UMN Resmikan Lab Artificial Intelligence

“Kalau film animasi Keluarga Satu Setengah sendiri itu mungkin lebih pada topik yang diangkat yaitu mental illness dan cara penggambaran kondisi seorang penderita ketika penyakitnya sedang kambuh (dalam masa episode),” kata Robert.

Karya selanjutnya adalah film animasi berjudul "Life Of Death" ciptaan Jason Kiantoro dan Bryan Arfiandy. Berkisah tentang keseharian malaikat maut dalam melakukan pekerjaannya.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X