Kompas.com - 31/10/2018, 23:47 WIB
Para peraih medali emas dalam ajang cipta pada Festival Literasi Sekolah (FLS) 2018 di Sentul Bogor, Jawa Barat (30/10/2018). Dok. Direktorat PSMAPara peraih medali emas dalam ajang cipta pada Festival Literasi Sekolah (FLS) 2018 di Sentul Bogor, Jawa Barat (30/10/2018).

KOMPAS.com - Festival Literasi Sekolah (FLS) 2018 telah mengumumkan para pemenang kompetisi literasi bagi jenjang SMA/MA/Homeschooling se- Indonesia  pada malam penutupan FLS di Sentul Bogor, Jawa Barat (30/10/2018).

Pada tahun keempat penyelenggaraan, sebanyak 100 finalis turut berpartisipasi di bidang Cipta Komik, Cipta Cerita Pendek (Cerpen), dan Cipta Syair.

Tahun ini, naskah masuk berjumlah 1.243 naskah dari SMA seluruh Indonesia. Dari naskah tersebut terpilih sejumlah 40 naskah cerpen, 30 naskah syair, dan 30 naskah komik masuk menjadi finalis FLS 2018.

Para pemenang FLS 2018

Berikut daftar pemenang FLS dalam 3 kategori lomba:

Lomba Cipta Cerpen

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

    Medali emas: Galuh Maharani, SMAN 1 Maospati, Jawa TimurMedali perak: Shofiyyah Lukman, MAN 2 Model Makassar, Sulawesi SelatanMedali perunggu: Eva Weneka Kafiar, SMAN 3 Jayapura, Papua

Baca juga: FLS 2018 dan Harapan Melahirkan Kreator Masa Depan

Lomba Cipta Komik

 

 

 

 

    Medali emas: Haya F. Allam, SMAN 4 Yogyakarta, DI YogyakartaMedali perak: Maela Suwantitri, SMAN 1 Koba, Bangka BelitungMedali perunggu: Putri Saskia Ardelia, SMAN 9 Bekasi, Jawa Barat

Lomba Cipta Syair

 

 

 

 

 

    Medali emas: Suwartini Pebriyanti, SMAN 10 Kaur, BengkuluMedali perak: Habib Rizky Lubis, MAN 1 Medan, Sumatera UtaraMedali perunggu: Nur Rahmi Idris, SMAN 2 Gowa, Sulawesi Selatan

Dari keseharian, mulai dari hal kecil

Para peraih medali perak dalam ajang cipta pada Festival Literasi Sekolah (FLS) 2018 di Sentul Bogor, Jawa Barat (30/10/2018).Dok. Direktorat PSMA Para peraih medali perak dalam ajang cipta pada Festival Literasi Sekolah (FLS) 2018 di Sentul Bogor, Jawa Barat (30/10/2018).

Eva Wekena, siswi kelas 11 SMAN 3 Jayapura tidak menyangka akan medali perunggu kategori cerpen (cerita pendek) di ajang FLS ini. Keterlibatan Eva dalam ajang inipun atas dorongan dari guru bahasa yang melihat bakat menulis.

"Saya menceritakan kehidupan sehari-hari saya bersama-sama dengan teman di asrama. Tidak menyangka cerita saya itu dianggap menarik dan meraih medali perunggu," cerita Eva. Ia menyampaikan, cerita keseharian dapat menjadi banyak bahan menarik untuk dijadikan inspirasi dalam menulis.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.