Kompas.com - 01/11/2018, 18:41 WIB
Anak-anak bermain di sekitar tenda tempat tinggal terpadu bagi pengungsi terdampak gempa di Loli Saluran, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Sabtu (13/10). Palang Merah Indonesia bekerja sama Bulan Sabit Merah Turki mendirikan 350 tenda tempat tinggal terpadu bagi korban terdampak gempa dan tsunami Palu-Donggala. ANTARA FOTO/Sahrul Manda Tikupadang/kye/18 SAHRUL MANDA TIKUPADANGAnak-anak bermain di sekitar tenda tempat tinggal terpadu bagi pengungsi terdampak gempa di Loli Saluran, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Sabtu (13/10). Palang Merah Indonesia bekerja sama Bulan Sabit Merah Turki mendirikan 350 tenda tempat tinggal terpadu bagi korban terdampak gempa dan tsunami Palu-Donggala. ANTARA FOTO/Sahrul Manda Tikupadang/kye/18

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu fokus Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) terkait bantuan kemanusiaan 3 wilayah bencana Sulawesi Tengah di Palu, Sigi, dan Donggala adalah pemberian dukungan psikososial bagi para penyintas bencana.

Endang Mariani, pengajar Fakultas Psikologi UI sekaligus Ketua Iluni UI dan Koordinator Program Community Development untuk Palu, Sigi dan Donggala mengemukakan hal tersebut pada pemaparan kegiatan tanggap bencana tersebut.

“Dukungan psikososial awal untuk para penyintas bencana di tahap tanggap darurat juga diberikan dengan menyasar pada kelompok rentan, anak-anak dan balita, wanita dan ibu hamil, orang tua dan para penyandang disabilitas,” jelasnya sebagaimana pernyataan tertulis kepada Kompas.com hari ini.

Dalam catatan yang disampaikan Endang, Iluni UI menggandeng Fakultas Kedokteran UI, Rumah Sakit Pusat Cipto Mangunkusumo (RSCM), Komunitas Biduan, Bale Nusa Indonesia, dan Gala Dana Palu, Sigi, dan Donggala untuk kegiatan kemanusiaan itu.

Kegiatan pengumpulan dana diprakarsai Triawan Munaf dan Loemongga Kartasasmita dengan melibatkan banyak relawan, termasuk musisi yang memberikan konser gratis sebagai bagian pengumpulan dana.  

Sementara itu, pada tahap tanggap darurat, kegiatan diawali gerak cepat Tim Medis RSCM/FKUI.

Baca juga: Tim UI Peduli Berikan Bantuan Logistik untuk Palu - Donggala

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Para dokter dan tenaga kesehatan alumni UI tersebut  hadir di Palu dua hari (H+2)  setelah  bencana terjadi.

Iluni UI juga mengirim bantuan logistik berupa bahan makanan dan kebutuhan hidup para penyintas bencana di titik-titik pengungsian yang terdapat di sekitar kota Palu, Desa Bangga-kabupaten Sigi, Desa Lende dan Lende Tovea di Sirenja, serta desa Apemaliko di Sindue, Kabupaten Donggala.

Selanjutnya, Iluni UI juga sedang menyelesaikan pembangunan hunian sementara bagi masyarakat terkena bencana yang saat ini masih tinggal di tenda tenda darurat.

Rasa tenang, aman, dan nyaman
Suasana Masjid Al Amin diantara bangunan yang rusak akibat gempa dan tsunami di Wani, Donggala, Sulawesi Tengah, Minggu (14/10/2018). Masjid cagar budaya yang didirikan pada tahun 1906 di kawasan Kampung Arab tersebut masih kokoh berdiri seusai diterjang tsunami dan gempa.ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A Suasana Masjid Al Amin diantara bangunan yang rusak akibat gempa dan tsunami di Wani, Donggala, Sulawesi Tengah, Minggu (14/10/2018). Masjid cagar budaya yang didirikan pada tahun 1906 di kawasan Kampung Arab tersebut masih kokoh berdiri seusai diterjang tsunami dan gempa.

Lebih lanjut, Endang, doktor ke-115 Fakultas Psikologi UI tersebut mengatakan bantuan pertolongan pertama psikologis (Psychological First Aid) diberikan dengan mengacu pada prinsip-prinsip dasar yang utamanya memberikan rasa tenang, aman dan nyaman pada para penyintas bencana, setelah mereka mengalami kejadian traumatis yang menyebabkan sebagian besar terpaksa kehilangan rumah tinggal, harta benda dan bahkan orang-orang tercinta. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.