Indonesia Raih 5 Terbaik "Data Science" dan "Fintech" CIMB Hackathon

Kompas.com - 10/12/2018, 21:01 WIB
CIMB Niaga mengumumkan 10 tim terbaik kejuaraan CIMB 3D Conquest In Country Hackathon ? Indonesia untuk kategori Data Science dan Financial Technology (FinTech) di Jakarta, Jumat-Sabtu (7-8/12/2018). Dok. CIMB NiagaCIMB Niaga mengumumkan 10 tim terbaik kejuaraan CIMB 3D Conquest In Country Hackathon ? Indonesia untuk kategori Data Science dan Financial Technology (FinTech) di Jakarta, Jumat-Sabtu (7-8/12/2018).

KOMPAS.com - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) mengumumkan 10 tim terbaik kejuaraan "CIMB 3D Conquest In Country Hackathon – Indonesia" untuk kategori Data Science dan Financial Technology ( FinTech) di Jakarta, Jumat-Sabtu (7-8/12/2018).

Kompetisi ini merupakan bagian dari tahapan "CIMB 3D Conquest" digelar CIMB Group Holdings Berhad (CIMB Group) bagi mahasiswa kawasan ASEAN yang memiliki talenta dan inovasi teknologi untuk memberikan solusi tantangan dunia perbankan di revolusi industri keempat.

Kompetisi digelar dalam 3 kategori yaitu, (1) Data Science: menantang mahasiswa mengembangkan model prediktif dan kerangka segmentasi guna meningkatkan pendapatan dan laba, (2) FinTech yang mengharuskan mahasiswa mengolah solusi perbankan dengan mengembangkan gagasan inovatif menyangkut dunia digital, dan (3) Coding dengan fokus meningkatkan aspek pembayaran melalui perangkat seluler.

Top 5 Data Science dan Fintech

Ajang "CIMB 3D Conquest In Country Hackathon – Indonesia" diikuti 63 tim dari 35 universitas berasal dari Indonesia, Vietnam, Singapura, dan Kamboja.

Pada tahap ini, para peserta diberikan problem statement yang harus diselesaikan dalam waktu 24 jam dan dipresentasikan kepada dewan juri pada hari berikutnya.

Dari hasil penilaian dewan juri, tim berhasil masuk jajaran Top 5 kategori Data Science pada fase ini yaitu:

  • Tim NRGO dari Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai Champion
  • Tim Sadikin Seleraku dari Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai Runner Up ke-1
  • Tim Surabaya Mining dari Universitas Indonesia (UI) sebagai Runner Up ke-2
  • Tim Doa Ibu dari Institut Pertanian Bogor (IPB) sebagai Runner Up ke-3
  • Tim Durian Hura dari Sekolah Tinggi Teknis Surabaya dan Universitas Kristen Petra Surabaya sebagai Runner Up ke-4

Baca juga: Membangun Semangat Kolaborasi melalui Simulasi Rapat ASEAN

Sementara Top 5 pada kategori FinTech dimenangkan oleh:

  • Tim Wholistic dari Universitas Kristen Petra Surabaya sebagai Champion
  • Tim Gabut dari Universitas Ciputra dan Universitas Bina Nusantara sebagai Runner Up ke-1
  • Tim NTU MBA dari Nanyang Technological University Singapura sebagai Runner Up ke-2
  • Tim Minerva dari Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai Runner Up ke-3
  • Tim Dream Big So Far dari Vietnam National University, Hanoi University or Mining and Geology, dan Hanoi University of Science and Technology sebagai Runner Up ke-4

Diikuti 3 ribu mahasiswa ASEAN

Selain di Indonesia, babak "In Country Hackathon" juga diselenggarakan di Malaysia dengan kategori Data Science, FinTech, dan Coding serta di Singapura dengan kategori Data Science dan Coding.

Hingga tahap ini, ajang Hackathon se-ASEAN tersebut telah berhasil menjaring 35 tim terbaik. Para pemenang dari seluruh negara akan dipertemukan pada Grand Final di Kuala Lumpur, Malaysia, pada Januari 2019, untuk memperebutkan gelar Juara Regional dan kesempatan menggali ilmu berharga lewat kunjungan studi ke Silicon Valley, Amerika Serikat.

CIMB 3D Conquest mulai digulirkan 18 September 2018 dengan proses seleksi berjenjang mulai dari pendaftaran, seleksi awal, workshop, assessment, In Country Hackathon, hingga Grand Final.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X