Dies Natalis UGM Ke-69: Menjadi Inspirasi bagi Dunia

Kompas.com - 20/12/2018, 17:49 WIB
Orasi ilmiah oleh Prof. Dr. Chairil Anwar berjudul Membangun Inovasi Saintek UGM Untuk NKRI dalam Dies Natalis UGM ke-69. Dok. UGMOrasi ilmiah oleh Prof. Dr. Chairil Anwar berjudul Membangun Inovasi Saintek UGM Untuk NKRI dalam Dies Natalis UGM ke-69.

KOMPAS.com - Memasuki usia ke-69 tahun Universitas Gadjah Mada ( UGM) terus meningkatkan kontribusi bagi bangsa di dunia internasional. Salah satunya melalui pemberian program beasiswa bagi mahasiswa pascasarjana dari negara berkembang di ASEAN.

“Hal itu merupakan bagian dari program "UGM Lead Sout East Asia" dimana satu targetnya UGM menjadi pemimpin perguruan tinggi terkemuka di wilayah Asia Tenggara,” kata Rektor UGM, Prof. Panut Mulyono saat menyampaikan laporan Tahunan Rektor Tahun 2018 dalam puncak peringatan Dies Natalis ke-69 UGM, Rabu (19/12/2018) di Grha Sabha Pramana (GSP) UGM.

Program ini dimulai pada tahun 2018 dengan jumlah penerima beasiswa 17 orang. Selain itu, UGM turut mendukung program pemerintah yaitu kemajuan bagi Palestina dengan memberikan beasiswa S2 dan S3 bagi mahasiswa dari Palestina.

Nilai UGM menginspirasi dunia

 

Jumlah ini akan terus ditingkatkan sebagai upaya UGM meneguhkan kepemimpinan di dunia internasional.

“Nilai-nilai mulia UGM harus dirasakan dan menginspirasi seluruh penjuru dunia,” Rektor UGM seperti dikutip dari laman resmi UGM.

Dalam membangun reputasi internasional bagi bangsa Indonesia, Panut menyebutkan peran aktif UGM juga sangat nyata melalui peningkatan peringkat UGM diantara perguruan tinggi dunia.

Baca juga: UGM dan Impian Mewujudkan Indonesia Mandiri Teknologi

 

Pada tahun 2018, rangking UGM naik dari 402 menjadi 391 menurut versi QS World University Ranking. Sementara pada tataran regional, peringkat UGM di Asia naik dari 85 menjadi 74 dengan reputasi akademik berada di peringkat 43 Asia dan tertinggi di Indonesia.

Peningkatan mahasiswa internasional

Kepercayaan dunia terhadap Indonesia dan UGM selain ditunjukan oleh peringkat, lanjutnya, juga dicerminkan dengan ketertarikan dunia internasional terhadap UGM melalui peningkatan animo mahasiswa dan dosen internasional di UGM.

Selama 2018 jumlah mahasiswa internasional di UGM sebanyak 2.269 berasal dari 95 negara. Jumlah tersebut meningkat sebanyak 527 mahasiswa dibandingkan pada tahun 2017 dengan jumlah mahasiswa 1.705 orang.

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X