Ini Dia 5 "Top Skill" Paling Dibutuhkan Tahun 2019, Kamu Wajib Punya

Kompas.com - 15/01/2019, 09:19 WIB
IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi

KOMPAS.com - Menurut analisis dari situs jejaring LinkedIn, perusahaan pada tahun 2019 banyak membutuhkan kombinasi dari keterampilan keras dan lunak, dengan kreativitas berada di puncak daftar keterampilan paling dibutuhkan.

Temuan ini sejalan dengan laporan Future of Jobs dari World Economic Forum yang menyimpulkan keterampilan "manusia" seperti orisinalitas, inisiatif, dan pemikiran kritis cenderung sangat dibutuhkan seiring kemajuan teknologi dan otomatisasi.

“Memperkuat soft skills adalah salah satu investasi pendidikan terbaik yang dapat dilakukan dalam karier karena kemampuan ini tidak pernah ketinggalan zaman,” tulis Editor edukasi LinkedIn, Paul Petrone.

"Ditambah lagi, kebangkitan AI (kecerdasan buatan) justru membuat soft skill semakin penting karena sebenarnya soft skill ini tidak mampu diotomatisasi oleh robot," tegas Paul.

Baca juga: FISIP UI: Ini 4 Karakter Pemilih Milenial

Berikut 5 soft skills dan hard skills yang paling dibutuhkan tahun 2019 menurut LinkedIn:

5 soft skills paling dibutuhkan 2019

1. Kreativitas

2. Persuasi

3. Kolaborasi

4. Adaptasi

5. Manajemen waktu

5 hard skills paling dicari 2019

1. Komputasi awan (cloud computing)

2. Kecerdasan buatan (artificial intelligance)

3. Analisa sebab-akibat (analytical reasoning)

4. Manajemen sumberdaya manusia (people management)

5. UX Design 

WEF melihat masih ada kesenjangan antara pendidikan dan kebutuhan kemampuan di mana teknologi mengubah tuntutan dan kompetensi yang berbeda dari pekerjaan saat ini.

WEF memperkirakan lebih dari setengah seluruh karyawan akan membutuhkan pelatihan ulang dan peningkatan signifikan di tahun-tahun mendatang. "Pergeseran saat ini sedang berlangsung di mana ada pekerjaan yang akan digantikan sementara pada saat yang sama menciptakan peluang pekerjaan baru," menurut laporan WEF.

 



Close Ads X