Ini Dia 5 "Top Skill" Paling Dibutuhkan Tahun 2019, Kamu Wajib Punya

Kompas.com - 15/01/2019, 09:19 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Menurut analisis dari situs jejaring LinkedIn, perusahaan pada tahun 2019 banyak membutuhkan kombinasi dari keterampilan keras dan lunak, dengan kreativitas berada di puncak daftar keterampilan paling dibutuhkan.

Temuan ini sejalan dengan laporan Future of Jobs dari World Economic Forum yang menyimpulkan keterampilan "manusia" seperti orisinalitas, inisiatif, dan pemikiran kritis cenderung sangat dibutuhkan seiring kemajuan teknologi dan otomatisasi.

“Memperkuat soft skills adalah salah satu investasi pendidikan terbaik yang dapat dilakukan dalam karier karena kemampuan ini tidak pernah ketinggalan zaman,” tulis Editor edukasi LinkedIn, Paul Petrone.

"Ditambah lagi, kebangkitan AI (kecerdasan buatan) justru membuat soft skill semakin penting karena sebenarnya soft skill ini tidak mampu diotomatisasi oleh robot," tegas Paul.

Baca juga: FISIP UI: Ini 4 Karakter Pemilih Milenial

Berikut 5 soft skills dan hard skills yang paling dibutuhkan tahun 2019 menurut LinkedIn:

5 soft skills paling dibutuhkan 2019

1. Kreativitas

2. Persuasi

3. Kolaborasi

4. Adaptasi

5. Manajemen waktu

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X