Kompas.com - 20/01/2019, 21:29 WIB

KOMPAS.com - Institut Pertanian Bogor (IPB) kembali menggelar upacara wisuda di Graha Widya Wisuda, Kampus IPB Dramaga, Bogor (16/1/2019). 

Pada Wisuda dan Penyerahan Ijazah Tahap IV Tahun Akademik 2018/2019 ini, IPB menyerahkan ijazah kepada 775 orang lulusan, terdiri dari 94 lulusan Program Diploma I Sekolah Vokasi, 35 lulusan Program Diploma III Sekolah Vokasi, 464 lulusan program Sarjana, 24 lulusan program Pendidikan Profesi Dokter Hewan, 131 lulusan program Magister, dan 27 lulusan program Doktor.

Hingga wisuda pada tahap ini, IPB telah memiliki 157.313 alumni.

Tantangan pendidikan tinggi

“Alhamdulillah, tidak terasa kita sudah memasuki tahun 2019. Semoga IPB dapat memegang teguh Rencana Jangka Panjang yakni menjadi kampus techno-socio enterpreneur,” tutur Rektor IPB, Arif Satria dikutip dari laman resmi IPB.

Baca juga: IPB Siapkan Relawan Trauma Healing Korban Tsunami Banten

Lebih lanjut, Arif Satria menjelaskan, terdapat dua tantangan yang menjadi perhatian utama saat ini.

Pertama, masyarakat global tengah dihadapkan pada permasalahan krisis pangan, energi, dan lingkungan hidup, yang kemudian berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia.

Kedua, saat ini masyarakat global tengah berada dalam era Revolusi Industri 4.0. Sejumlah konsekuensi perkembangan teknologi 4.0 telah mengubah banyak tatanan lama yang telah mapan.

Konsep argo-maritim 4.0

Rektor menambahkan, IPB semakin menegaskan perannya dalam pembangunan nasional melalui peluncuran konsep Agro-Maritim 4.0.

Konsep tersebut bertujuan merespon tantangan pembangunan berkelanjutan dan revolusi industri 4.0 di bidang pertanian dalam arti luas.

Konsep Agro-Maritim 4.0 hadir untuk mengatasi masalah-masalah diskonektivitas pembangunan agro-maritim, degradasi lingkungan dan sumber daya alam, rendahnya kesejahteraan masyarakat, kerawanan pangan, rendahnya kontribusi sektor agro-maritim terhadap pertumbuhan ekonomi, dan ketimpangan pembangunan antarwilayah di Indonesia.

Halaman:

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.