10 Universitas Negeri Terbaik di Jagat Daring versi Webometric 2019

Kompas.com - 08/02/2019, 07:40 WIB
ilustrasi Public Domain via Pixabayilustrasi

KOMPAS.com - Webometric Rankings of Universities baru saja merilis pemeringkatan universitas dunia berdasarkan riset kuantitatif web akademis pendidikan tinggi (2/2/2019).

Riset yang diinisiasi CSIC, lembaga riset terbesar di Spanyol, bertujuan mendorong keterbukaan akses elektronik dan digital terkait publikasi ilmiah dan materi akademis lainnya.

Pemeringkatan Webometric ini dianggap penting karena pemeringkatan tidak dilakukan didasarkan pada jumlah kunjungan atau desain halaman melainkan pada kinerja global dan visibilitas universitas.

Tahun ini, ada 4 indikator utama dijadikan standar penilaian meliputi:

(1) presence: Diukur berdasar jumlah website universitas termasuk subdomainnya.

(2) impact: Dinilai dari jumlah backlink atau tautan yang disertakan dari website luar. 

Baca juga: 5 PTN Indonesia Masuk Daftar Universitas Terbaik di Negara Berkembang

(3) openness: Diukur berdasar jumlah file (.pdf, .ps, .eps, .doc, .docx dan .ppt, .pptx) yang bisa diakses dan terhubung dengan domain website universitas.

(4) excellence:  Dinilai berdasar jumlah artikel publikasi ilmiah karya sivitas akademika yang terindeks pada jurnal internasional dengan reputasi tinggi.

10 universitas negeri terbaik 2019 versi Webometric

Webometric telah membuat pemeringkatan lebih dari 20 ribu universitas di dunia. Berikut 10 universitas negeri terbaik versi Webometric:

1. Universitas Gadjah Mada (peringkat 845 dunia)

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X