10 Hal Penting yang Harus Diajarkan kepada Anak Usia Dini

Kompas.com - 20/04/2019, 14:12 WIB
Ilustrasi anak sekolahyanukit Ilustrasi anak sekolah

KOMPAS.com — Berbagai penelitian mengungkapkan pentingnya pendidikan usia dini bagi perkembangan karakter anak-anak. Para psikolog, neurosains, dan pakar pendidikan pun mengamini hal ini.

Salah satunya Robert Fulghum, pendidik dan penulis asal Amerika Serikat, mengatakan, fondasi karakter anak dapat dibangun sejak mereka masuk taman kanak-kanak.

Dilansir dari laman resmi Sahabat Keluarga Kemendikbud, dalam buku legendarisnya, All I Really Need to Know I Learned in Kindergarten, Robert Fulghum menuliskan 10 golden rules atau prinsip yang perlu diajarkan kepada anak TK.

10 prinsip penting diperkenalkan untuk anak usia dini

1. Biasakan berbagi  

2. Bermainlah sesuai aturan

Baca juga: PAUD Diimbau Tidak Tuntut Anak Menguasai Calistung

3. Jangan melukai/memukul orang lain

4. Kembalikan barang/mainan yang telah dipakai ke tempat semula

5. Jangan mengambil sesuatu yang bukan milik kita

6. Ucapkan maaf bila menyakiti seseorang

7. Cuci tangan sebelum makan

8. Siram/bilas setelah buang air

9. Jangan lupa minum susu dan makan makanan bergizi

10. Jalani hidup seimbang, bermain sambil belajar

Menurut Fulghum, jika anak-anak diajarkan sepuluh prinsip ini sejak PAUD, ia dapat menjadi pribadi dengan karakter kuat.

”Sepuluh golden rules ini adalah hal dasar yang perlu diajarkan kepada anak-anak kita. Bila orangtua dapat menerapkan sepuluh hal ini, saya optimistis anak-anak akan memiliki kepribadian yang baik saat dewasa,” tulis Fulghum yang memiliki empat anak dan enam cucu tersebut.

Buku yang diterbitkan pada 1988 itu telah dicetak lebih dari 17 juta eksemplar dan diterbitkan dalam 27 bahasa di 103 negara. 

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X