Tim FH Unair Raih Peringkat 13 Kompetisi Dunia di Washington

Kompas.com - 20/04/2019, 21:02 WIB
Tim FH Unair mewakili Indonesia dan meraih peringkat 13 di ajang Philip C. Jessup International Law Moot Court Competition 2019 pada (31/3-7/4/2019) di Washington D.C Amerika Serikat. Dok. UnairTim FH Unair mewakili Indonesia dan meraih peringkat 13 di ajang Philip C. Jessup International Law Moot Court Competition 2019 pada (31/3-7/4/2019) di Washington D.C Amerika Serikat.

KOMPAS.com - Prestasi membanggakan tingkat internasional datang dari tim Fakultas Hukum (FH) Universitas Airlangga ( Unair) yang mewakili Indonesia di ajang "Philip C. Jessup International Law Moot Court Competition 2019", (31/3-7/4/2019) di Washington D.C Amerika Serikat.

Tim FH Unair meraih peringkat 13 besar dari 130 negara peserta kompetisi. Prestasi itu merupakan pencapaian membanggakan yang diraih FH Unair yang baru dua kali mengikuti kompetisi JESSUP tingkat internasional ini.

Melalui laman resmi Unair, Intan Soeparna pelatih tim JESSUP FH Unair menjelaskan "Phillip C. Jessup International Law Moot Court Competition" merupakan lomba peradilan semu internasional terbesar di dunia.

Diikuti 680 universitas

 

Kompetisi tahunan tersebut diikuti lebih dari 680 universitas dari seluruh dunia dan terdapat seleksi nasional sebelum mewakili negara ke tingkat internasional.

Baca juga: Tim ITB Raih Prestasi Ajang Industrial Challenge 2019

“Kasus Moot Court tahun ini 'Perebutan Sumber Daya Alam Dua Negara'. Pada Preliminary Round, Team Jessup Unair berhasil mengalahkan tim dari Albania, Iran, China dan Chile dengan skor tertinggi," cerita Intan.

Ia melanjutkan, tim Unair kemudian maju ke babak 32 besar dan berhasil mengalahkan tim dari Australia (universitas Queensland) yang merupakan tim pemenang tahun lalu.

“Pada babak 16 besar 'Octo – final rounds', tim UNAIR  berhadapan tim Amerika dari Yale University dan harus menerima kekalahan tidak dapat melanjutkan ke babak berikut. Untuk pertama kalinya, tim Unair masuk 16 besar dan menduduki ranking ke 13 dari 130 negara,” tambahnya.

2 tahap penyisihan

Delegasi Unair yang berlomba terdiri dari 4 mahasiswa yakni Regine Wiranata (2016), Megawati Widjaja (2016), Shofy Suma Nisrina (2016), Thesalonica Shinta (2017) dan Intan Soeparna sebagai pelatih.  

Dalam kompetisi tersebut, Unair telah mewakili Indonesia dua kali berturut-turut di tingkat internasional.

Kompetisi ini diselenggarakan International Law Students’ Association (ILSA)  dan terdiri atas dua tahap, yakni National Rounds dan International Rounds.

Tahap National Rounds Indonesia tahun ini dilaksanakan tanggal 2-3 Februari 2019. Pada tahap nasional, tim Unair dan UI mewakili Indonesia berkompetisi di JESSUP putaran internasional.

“Harapan dari tim Unair untuk tahun berikutnya, tim Unair dapat meningkatkan rangking lagi,“ harap Intan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X