Tidak Hanya "Nge-Push Rank", Pencinta Games Bisa Kuliah di Jurusan Ini

Kompas.com - 14/06/2019, 11:16 WIB
PUBG. ShutterstockPUBG.

Kompas.com - Mungkin tidak pernah terbayangkan sebelumnya, bidang games kini dapat menjadi memberikan jaminan hidup sebagai sebuah pilihan profesi atau pekerjaan.

Jika ditekuni dengan tekun, serius dan positif, hobi bermain games dapat memberikan masa depan cerah di era berbasis teknologi ini. Industri games sudah lama dilirik sebagai sebuah industri kreatif besar di masa mendatang selain e-commerce dan industri kreatif lain.

Menjawab tantangan tersebut, Presiden Joko Widodo mendorong kampus-kampus harus membuka fakultas dan jurusan baru sesuai "zaman kekinian".

"Sepuluh sampai 15 tahun tahun akan datang, lanskap politik akan berubah, lanskap ekonomi global akan berubah, interaksi sosial, semuanya berubah total. Inilah yang harus diantisipasi oleh kita semuanya," kata Jokowi, saat membuka Rembuk Nasional 2017, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Senin (23/10/2017).

Bagi para pencinta games, berikut 5 program studi yang dapat dipilih untuk mengembangkan dari hobi menjadi profesional yang memiliki prospek cerah di masa mendatang: 

1. Teknologi Games

Dalam Program Studi Teknologi Game, mahasiswa akan dibekali 4 kemampuan dasar dapat mendukung tumbuh kembang industri game yaitu kemampuan teknis, kemampuan desain, kemampuan sosial dan komunikasi, dan kemampuan bisnis di bidang industri game.

Baca juga: Menristek Dorong Perguruan Tinggi Buka Prodi Kekinian

Program studi ini akan membentuk mahasiswa yang berkemampuan teknis meliputi merancang dan membuat game, menguasai pemrograman komputer yang berhubungan dengan game, kemampuan grafik dan audio.

Kampus Pilihan: Politeknik Elektronik Negeri Surabaya, Universitas Multimedia Nusantara, ITB (program S-2) dan ITS (program S-2).

2. Teknik dan Rekayasa Perangkat Lunak

Program studi Software Engineering bertujuan menghasilkan lulusan yang mampu berinovasi dan mengembangkan berbagai teknologi digital dalam dunia bisnis, tentunya termasuk bidang games yang kini membutuhkan banyak profesional ahli.

Lulusan Program Studi Rekayasa Perangkat mampu merancang dan mengembangkan perangkat lunak dengan mengikuti proses dan metode rekayasa perangkat lunak yang digunakan pada ragam aplikasi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X