Buat “Gamers”, Simak Prodi Kekinian di Beberapa Kampus Indonesia

Kompas.com - 15/06/2019, 11:33 WIB
Gamers tengah memainkan robot Iron Man MK50 KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYAGamers tengah memainkan robot Iron Man MK50

KOMPAS.com – Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memengaruhi hampir semua industri di Indonesia dan dunia saat ini. Penerapannya melalui digitalisasi teknologi komputer dan internet di berbagai aktivitas perusahaan yang dikenal dengan revolusi industri 4.0.

Salah satu bidang berkembang pesat yaitu teknologi game. Begitu banyak peminatnya di seluruh dunia membuat para pelaku industri menangkap peluang itu sehingga pertumbuhan terlihat begitu cepat.

Begitu juga dengan industri pendidikan. Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah perguruan tinggi menyediakan jurusan atau program studi khusus yang berhubungan dengan proses produksi game.

Mahasiswa yang kuliah dalam program studi ini akan mempelajari pengetahuan dan keterampilan dalam mendesain dan mengembangkan berbagai teknologi terapan di dunia game.

Baca juga: Kampus Buka Prodi “Youtuber” dan “Gamer”, Ini Tanggapan Kemenristek

Desain itu antara lain berupa karakter tokoh, alur cerita, tingkat kesulitan, animasi dan storyboard, serta distribusinya.

Sejumlah kampus pun bekerja sama dengan perusahaan sebagai pelaku industri game serta terus meningkatkan kurikulum, sumber daya manusia, dan fasilitasnya.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini beberapa kampus yang membuka program studi ( prodi) kekinian terkait penerapan teknologi game untuk menjawab kebutuhan zaman itu:

1. Universitas Bina Nusantara

Kampus ini membuka prodi sejenis dengan nama yang berbeda, yaitu Game Applicatian and Technology. Fokusnya adalah pada pembuatan game yang berhubungan dengan desain, seni, dan pemrograman.

Binus University menjalin kerja sama dengan Apple Academy dalam pengembangan berbagai aplikasi berbasis platform Apple.

2.   Universitas Multimedia Nusantara

Calon mahasiswa berminat dengan jurusan teknologi game pada kampus ini bisa memilih Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV). Mereka akan mempelajari secara khusus desain visualnya sebagai salah satu bekal agar siap terjun dalam dunia industri game.

3. Universitas Ciputra Surabaya

Berusaha untuk mengikuti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terbaru melalui Prodi Teknik Informatika, kampus ini memberi kemampuan pengembangan aplikasi, salah satunya game development.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X