Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Universitas Terbaik Singapura, Kuliah di Silicon Valey Baru Asia

Kompas.com - 11/07/2019, 17:54 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Soal pendidikan Singapura diakui sebagai salah satu negara dengan fokus standar kualitas pendidikan yang sangat ketat dan juga tinggi.

Tidak mengherankan, dalam daftar pemeringkatan universitas dunia QS World University Rankings (WUR), Singapura berhasil menempatkan universitasnya dalam peringkat Asia: Nanyang Technological University (NTU) diperingkat pertama dan The National University of Singapore (NUS) peringkat kedua.

Singapura berhasil mengungguli negara Asia lain seperti China (peringkat 3 dan 4), Jepang (peringkat 5) dan Hongkong (peringkat 6 dan 7). Bahkan kedua universitas Singapura tersebut bersama-sama masuk dalam peringkat 11 universitas terbaik dunia.

NTU dan NUS masuk dalam kategori terbaik untuk indikator reputasi unggul para lulusannya dan juga kutipan jurnal ilmiah yang menunjukkan kedua universitas tersebut menghasilkan penelitian yang sangat berpengaruh.

Baca juga: Kampus Terbaik Ke-6 Unpad Versi QS, Unpad Kejar Program Internasional

Pendekatan progresif untuk internasionalisasi telah mendorong kedua universitas tersebut sebagai titik temu pemikir terkemuka dari Timur dan Barat. 

NUS dan NTU telah meluncurkan kemitraan penelitian dengan lembaga internasional bergengsi termasuk Yale dan Duke University, Imperial College London dan Warwick University .

Beberapa proyek kolaboratif ini bertempat di kampus dekat taman sains canggih untuk memfasilitasi pengembangan investor multi-nasional sehingga diyakini SIngapura akan menjadi Lembah Silikon Baru untuk Asia.

3 universitas terbaik Singapura versi QS 2020

Berdasarkan rilis QS WUR 2020, berikut 10 universitas terbaik di Singapura:

1. Nanyang Technological University (NTU): peringkat 11 dunia

2. National University of Singapore (NUS): peringkat 11 dunia

3. Singapore Management University: peringkat 477 dunia 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com