Hari Anak Nasional dan 5 Hal Belum Membuat Anak Indonesia Bergembira

Kompas.com - 23/07/2019, 07:15 WIB
Hari Anak Nasional 2019DOK. KEMENPPA Hari Anak Nasional 2019

KOMPAS.com - Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (Kemen-PPA) akan memusatkan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2019 di Lapangan Karebosi, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, pada hari Selasa, 23 Juli 2019.

Tema besar HAN 2019 adalah Peran Keluarga Dalam Perlindungan Anak dengan tagline yang akan didengungkan: Kita Anak Indonesia, Kita Gembira! #KitaGembira untuk mengajak seluruh warga Indonesia merayakan dan merenungkan kembali tentang pelindungan anak dalam keluarga.

Kemenppa menilai peringatam Hari Anak Nasional harus dapat dijadikan momentum meningkatkan kepedulian terhadap pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak agar anak Indonesia yang berjumlah 79,6 juta pada tahun 2018 dapat tumbuh dan berkembang secara optimal sehingga menjadi generasi penerus berkualitas tinggi.

5 Tantangan anak Indonesia

Dalam Pedoman Pelaksanaan Hari Anak Nasional 2019, Kemen-PPA menyampaikan masih terdapat beberapa tantangan terkait pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak yang masih belum sepenuhnya dapat dilakukan secara optimal.

Baca juga: 5 Cara Menghabiskan Waktu Berkualitas di Hari Anak Nasional

 

Beberapa tantangan itu antara lain;

1. Masih banyak anak yang belum memiliki akta kelahiran

2. Masih terbatasnya wadah partisipasi anak dan suara anak yang belum mewarnai proses pembangunan

3. Masih ada anak yang belum mendapatkan pendidikan.

4. Maraknya kekerasan kepada anak baik yang dilakukan oleh orang terdekat maupun orang dewasa lainnya bahkan oleh sesama anak itu sendiri

Halaman Berikutnya
Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X