Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Mata Minus Potensi 3 Kali Lebih Besar Tidak Naik Kelas

Kompas.com - 22/08/2019, 19:56 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Satu dari empat anak saat ini memiliki potensi miop atau mata minus. Ironinya, fakta ini makin memberatkan karena dari anak-anak yang memiliki mata minus itu memiliki potensi 3 kali lebih besar tidak naik kelas jika tidak ditangani dengan baik.

Hal ini mendorong Universitas Terbuka (UT) bekerja sama dengan PT Essilor menggelar bakti sosial "Pemeriksaan Mata dan Pembagian Kacamata Gratis" yang digelar di UT Convention Center, Tangerang Selatan pada 22 Agustus 2019.

Acara yang merupakan rangkaian Dies Natalis UT ke-35 ini memberikan pemeriksaan dan kacamata secara gratis kepada 500 siswa SD dari 14 sekolah yang berada di wilayah UT, Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

Mata dalam proses belajar anak

"Kesadaran masyarakat Indonesia untuk memakai kacamata baru 12 persen jika dibandingkan dengan negara lain yang sudah mencapai angka 80 persen," jelas Riyadi, Sales Manager PT Essilor.

Baca juga: Tiket Konser Dies Natalis UNY Dibayar IPK Ludes dalam Waktu 5 Jam, Didominasi Mahasiwa IPK di Atas 3,25

Riyadi menyampaikan saat ini anak sangat dekat dengan gadget sehingga bila tidak dijaga dan dilindungi anak berpotensi mengalami miop atau mata minus. "Anak yang memiliki minus berpotensi 3 kali lebih besar tidak naik kelas jika tidak ditangani dengan baik," ujarnya.

"Hampir 80 persen informasi diperoleh otak berasal dari indera mata. Terutama sekarang anak dekat dengan gadget dan laptop yang membuat mata cepat tua," jelas Riyadi mengingatkan.

Dalam kerja sama kedua dengan UT ini, pihaknya tidak hanya melakukan pemeriksaan mata dan pemberian kacamata secara gratis namun juga memberikan edukasi kepada anak, orangtua dan guru bagaimana menjaga kesehatan mata.

"Yang terpenting bagaimana anak-anak dan masyarakat makin sadar pentingnya menjaga kesehatan mata," harapnya.

Hal senada disampaikan Liestyodono Bawono Irianto, Wakil Rektor UT Bidang Pengembangan Kerja Sama. "Mata menjadi hal vital dalam menjalankan proses pembelajaran anak-anak. Jadi kami terdorong bersama mitra kami untuk membantu anak-anak memberikan bantuan kacamata agar mereka dapat belajar dengan baik," ujarnya.

Tanggung jawab sosial

Universitas Terbuka dan PT Essilor menggelar bakti sosial Pemeriksaan Mata dan Pembagian Kacamata Gratis yang digelar di UT Convention Center, Tangerang Selatan pada 22 Agustus 2019 dalam rangka Dies Natalis UT ke-35.DOK. KOMPAS.com/YOHANES ENGGAR Universitas Terbuka dan PT Essilor menggelar bakti sosial Pemeriksaan Mata dan Pembagian Kacamata Gratis yang digelar di UT Convention Center, Tangerang Selatan pada 22 Agustus 2019 dalam rangka Dies Natalis UT ke-35.

Lebih jauh ia menjelaskan, "Bakti sosial ini merupakan bagian dari Dies Natalis, minggu kita sudah melakukan sunatan masal saat ini kami memberikan kesempatan pada anak-anak yang membutuhkan kacama sekolah-sekolah yang ada di sekitar UT ini."

Tidak hanya itu, Dosen Prodi Biologi Fakultas Teknik Sains dan Teknologi, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarat (LPPM) serta PT Essilor memberikan edukasi kepada para siswa bagaimana menjaga kesehatan mata lewat penjelasan menarik dengan animasi.  

"Kami juga memfasilitasi antar jemput anak-anak dan guru agar mereka dapat mengikuti kegiatan dengan aman dan nyaman," tambah Ake Wihadanto, Ketua LPPM UT sekaligus Ketua Acara Bakti Sosial ini.

Ia menyampaikan hal ini menjadi bentuk tanggung jawab sosial UT untuk masyarakat sekitar selain pengabdian masyarakat yang telah dilakukan selama ini. Acara bakti sosial lain juga dilakukan dalam rangkaian Lustrum VII UT di antaranya sunatan masal dan juga pemeriksaan kesehatan masyarakat di klinik UT.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com