Kompas.com - 28/08/2019, 13:01 WIB
Renaldo Sutjiady (ketiga dari kiri), Program Coordinator Skystar Ventures saat menerima piagam penghargaan Akreditasi Inkubator Bisnis Teknologi Klasifikasi A bersama empat inkubator lainnya di Bali (26/8/2019) DOK. SKY VENTURES UMNRenaldo Sutjiady (ketiga dari kiri), Program Coordinator Skystar Ventures saat menerima piagam penghargaan Akreditasi Inkubator Bisnis Teknologi Klasifikasi A bersama empat inkubator lainnya di Bali (26/8/2019)

KOMPAS.com - Skystar Ventures Tech Incubator yang didirikan Universitas Multimedia Nusantara (UMN) meraih akreditasi inkubator bisnis teknologi pertama di Indonesia dengan Klasifikasi A.

Akreditasi diberikan Senin, (26/08/2019) di Bali oleh Kepala Direktorat Kawasan Sains dan Teknologi dan Lembaga Penunjang Lainnya Kemenristekdikti yang bekerjasama dengan Asosiasi Inkubator Bisnis Indonesia (AIBI).

UMN menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang meraih akreditasi inkubator bisnis dengan klasifikasi A.

Tumbuhkan entreprenuer muda

Selain Skystar Ventures UMN, terdapat empat inkubator bisnis teknologi dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lainnya mendapatkan akreditasi inkubator bisnis teknologi dengan klasifikasi A, yakni; (1) Inkubator Institut Pertanian Bogor, (2) Inkubator Universitas Pangeran Diponegoro, (3) Inkubator Universitas Indonesia, dan (4) Inkubator Institut teknologi Bandung.

Baca juga: Sidang Terbuka UMN: Melahirkan Wirausaha Muda Berintegritas

Wakil Rektor II UMN sekaligus Kepala Inkubator Skystar Ventures Andrey Andoko menyampaikan, “Skystar Ventures diharapkan memberikan sumbangsih bagi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Indonesia melalui penciptaan entrepreneur yang andal dengan ide-ide bisnis yang inovatif”.

Hal ini sejalan dengan visi universitas yaitu mengembangkan semangat entrepreneurship di kalangan mahasiswa UMN.

Kemampuan dan kinerja unggul

Pengakreditasian inkubator bisnis teknologi ditujukan meningkatkan efisiensi dan efektifitas inkubator bisnis teknologi untuk kalangan pemerintah maupun swasta dan diharapkan dapat meningkatkan mutu pengelolaan dan pelayanan inkubator terhadap wirausaha pemula berbasis teknologi secara berkelanjutan.

Peringkat inkubator bisnis teknologi ini dibagi menjadi tiga tingkat maturitas, yaitu Peringkat A, B, dan C.

Tak hanya universitas, inkubator bisnis yang mendapatkan akreditasi dengan klasifikasi A ini dinilai memiliki keunggulan tertentu.

Peringkat A dengan tingkat maturitas utama berarti inkubator bisnis teknologi mempunyai kemampuan dan kinerja unggul dan memperoleh nilai skor di atas 80 persen dari total skor mengacu pada sistem penilaianPemeringkatan IBT.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.