Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akreditasi A untuk Skystar Ventures Tech Incubator UMN

Kompas.com - 28/08/2019, 13:01 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Skystar Ventures Tech Incubator yang didirikan Universitas Multimedia Nusantara (UMN) meraih akreditasi inkubator bisnis teknologi pertama di Indonesia dengan Klasifikasi A.

Akreditasi diberikan Senin, (26/08/2019) di Bali oleh Kepala Direktorat Kawasan Sains dan Teknologi dan Lembaga Penunjang Lainnya Kemenristekdikti yang bekerjasama dengan Asosiasi Inkubator Bisnis Indonesia (AIBI).

UMN menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang meraih akreditasi inkubator bisnis dengan klasifikasi A.

Tumbuhkan entreprenuer muda

Selain Skystar Ventures UMN, terdapat empat inkubator bisnis teknologi dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lainnya mendapatkan akreditasi inkubator bisnis teknologi dengan klasifikasi A, yakni; (1) Inkubator Institut Pertanian Bogor, (2) Inkubator Universitas Pangeran Diponegoro, (3) Inkubator Universitas Indonesia, dan (4) Inkubator Institut teknologi Bandung.

Baca juga: Sidang Terbuka UMN: Melahirkan Wirausaha Muda Berintegritas

Wakil Rektor II UMN sekaligus Kepala Inkubator Skystar Ventures Andrey Andoko menyampaikan, “Skystar Ventures diharapkan memberikan sumbangsih bagi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Indonesia melalui penciptaan entrepreneur yang andal dengan ide-ide bisnis yang inovatif”.

Hal ini sejalan dengan visi universitas yaitu mengembangkan semangat entrepreneurship di kalangan mahasiswa UMN.

Kemampuan dan kinerja unggul

Pengakreditasian inkubator bisnis teknologi ditujukan meningkatkan efisiensi dan efektifitas inkubator bisnis teknologi untuk kalangan pemerintah maupun swasta dan diharapkan dapat meningkatkan mutu pengelolaan dan pelayanan inkubator terhadap wirausaha pemula berbasis teknologi secara berkelanjutan.

Peringkat inkubator bisnis teknologi ini dibagi menjadi tiga tingkat maturitas, yaitu Peringkat A, B, dan C.

Tak hanya universitas, inkubator bisnis yang mendapatkan akreditasi dengan klasifikasi A ini dinilai memiliki keunggulan tertentu.

Peringkat A dengan tingkat maturitas utama berarti inkubator bisnis teknologi mempunyai kemampuan dan kinerja unggul dan memperoleh nilai skor di atas 80 persen dari total skor mengacu pada sistem penilaianPemeringkatan IBT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com