Panggilan Hati demi Literasi, Munawir Syahidi Bangun Taman Baca Masyarakat

Kompas.com - 24/09/2019, 13:28 WIB
Seorang anak dari kecamatan Cigeulis sedang membaca buku cerita anak-anak di Taman Bacaan
Masyarakat (TBM) Saung Huma. DOK. PRIBADI/GABRIELLE ALICIA WYNNE PRIBADISeorang anak dari kecamatan Cigeulis sedang membaca buku cerita anak-anak di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Saung Huma.

KOMPAS.com - Ketulusan amal harus dari hati. Prinsip ini dipegang Munawir Syahidi, pria kelahiran 9 September 1990, sebagai Ketua Taman Bacaan Masyarakat (TBM) "Saung Huma" di tempat kelahirannya Pandeglang, Banten.

Semula tahun 2014 Munawir sempat membangun TBM serupa di Cimanggu yang berlokasi belasan kilometer dari TBM "Saung Huma" saat ini. Atas beberapa alasan di antaranya karena lokasi TBM yang terlalu dekat pantai sejak 2017 dirinya hijrah ke Kampung Curug Luhur, Pandeglang, Banten, lokasi persis TBM Saung Huma saat ini.

TBM yang ia bangun sebelumnya tetap berjalan hingga saat ini dan sudah diambil alih pengurus desa dalam program Teman Pintar yang dikelola pemerintah. Dengan demikian, upaya meningkatkan minat literasi anak-anak terus berjalan dan meluas.

#AkuBaca Kompas

Di TBM Saung Huma sendiri, jumlah pembaca anak-anak relatif masih sedikit, berkisar 10-20 anak setiap hari. Namun, Munawir tetap bersyukur niatnya disambut baik masyarakat.

Tidak jarang anak-anak datang sebagai tempat berlabuh mengerjakan tugas dan lain sebagainya. Oleh karena itu, dirinya kerap membuat acara untuk menarik para pembaca.

Kehadiran program seperti ini turut disyukuri Munawir karena keterlibatan anak-anak hingga remaja nyata terlaksana. Ketika diadakan acara, hampir seluruh anak desa berpartisipasi dalam acara.

Baca juga: Hari Aksara Internasional: Literasi Bukan Hanya Soal Bebas Buta Aksara

Salah satu acara yang digelar adalah program Charity Fun Run 5K PapeRun 2019. Hasilnya berbuah manis. Donasi para peserta disumbangkan ke 60 taman bacaan masyarakat (TBM) yang tersebar di wilayah Banten, Lampung, Sulawesi Tengah, dan Nusa Tenggara Barat.

APP Sinar Mas dan gerakan #AkuBaca Kompas mengawali program dengan menghelat acara di TBM Saung Huma dengan tajuk " Buku Bergerak untuk Nusantara". Hal ini tentu sangat membantu aktivitas di TBM Saung Huma.

Tidak hanya baca buku

Munawir Syahidi, pendiri Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Saung Huma, dalam acara ?Buku Bergerak untuk Nusantara? yang merupakan seremoni serah terima hibahan dana dan buku yang diselenggarakan di Pandeglang, Banten (10/9).DOK. PRIBADI/GABRIELLE ALICIA WAYNE PRIBADI Munawir Syahidi, pendiri Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Saung Huma, dalam acara ?Buku Bergerak untuk Nusantara? yang merupakan seremoni serah terima hibahan dana dan buku yang diselenggarakan di Pandeglang, Banten (10/9).

Kehadiran TBM Saung Huma sendiri menjadi perpustakaan bagi anak desa, baik yang bersekolah maupun tidak.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X