Kompas.com - 08/09/2019, 11:58 WIB

KOMPAS.com - Perpustakaan Nasional (Perpusnas) mendukung kegiatan Wisata Literasi Nasional yang digagas Forum Indonesia Menulis (FIM), Duta Baca Indonesia, dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

Adapun tujuan dari kegiatan itu adalah mewujudkan Kalbar sebagai provinsi literasi Indonesia.

Tak hanya itu, kegiatan Wisata Literasi Nasional juga punya andil dalam membangun kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui kegiatan literasi.

Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando menyatakan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten adalah kunci dalam pembangunan suatu pemerintahan.

“Tidak ada suatu pemerintahan di dunia ini yang gagal membangun negaranya disebabkan sumber daya alamnya terbatas. Tetapi umumnya, negara di dunia ini gagal membangun karena SDM-nya terbatas,” ujar Syarif melalui pernyataan tertulis, Minggu (8/9/2019).

Baca juga: MRT Jakarta Siapkan Perpustakaan di Stasiun, Penumpang Bisa Baca Buku Gratis

Transfer ilmu pengetahuan, lanjutnya, dari teori dan praktik hanya bisa dilakukan melalui membaca.

"Oleh karena itu, kepedulian kepala daerah kepada perpustakaan dan literasi akan berdampak pada terwujudnya masyarakat yang cerdas dan sejahtera," jelas Syarif.

Menurut Syarif, kendala dalam dunia literasi adalah ketersediaan bahan bacaan. Karenanya, Syarif mengapresiasi FIM yang meluncurkan 1.000 buku hasil karya penulis di Kalbar.

“Jika Anda tidak pernah membaca, mustahil Anda pernah menulis. Karena itu saya ingin mengapresiasi dan terus bekerjasama dengan FIM yang dimulai dari Kalbar,” jelasnya.

Menambah wawasan

Di sisi lain, Gubernur Kalbar Sutarmidji menyatakan membangun SDM tidak kalah pentingnya dibandingkan membangun sektor lain.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.