Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hobi Menggambar? Ini 6 Profesi dan Prodi yang Cocok untuk Kamu

Kompas.com - 08/10/2019, 13:13 WIB
Erwin Hutapea,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Apa pun hobi yang kamu lakukan, sebenarnya bisa mendatangkan keuntungan tersendiri kalau dijalani dan ditekuni dengan sungguh-sungguh.

Salah satunya, hobi menggambar. Banyak orang mengerjakan hobi ini sebagai kegiatan sampingan, atau bisa dibilang hiburan untuk melepas stres sekaligus menyalurkan bakat.

Padahal, jika fokus mengerjakan dengan tekun dan ditambah ilmu memadai, kamu bisa menjadikannya sumber penghasilan yang bisa diandalkan untuk hidup.

Berikut ini sejumlah profesi yang bisa dijalani bagi kamu yang mempunyai hobi menggambar, seperti dipublikasikan Rencanamu.id:

1. Pelukis

Sebagai seorang pelukis, tentunya kemampuan utama yang dibutuhkan yaitu bisa menggambar. Meski profesi ini belum banyak dilirik orang, tetapi penghasilan yang diperoleh dari satu karya lukisan bisa dibilang lumayan, antara lain tergantung tingkat pengerjaan dan hasilnya.

Ada berbagai macam lukisan yang ditemui, misalnya di kanvas, deretan tembok pinggir jalan, bangunan tua, atau area khusus yang disedikan untuk melukis.

Jurusan kuliah yang berhubungan dengan pelukis yaitu Seni Rupa (Creative Arts), Seni Rupa Murni (Fine Arts), dan Seni Kriya.

Baca juga: Seksi Prodi Komunikasi Peminat Naik 200 Persen per Tahun, Kenapa?

2. Fashion Designer

Jika kamu bisa menggambar dan tertarik dengan dunia fashion (busana), maka fashion designer adalah profesi yang cocok buatmu.

Setelah mempunyai bakat menggambar, lalu kamu bisa mengolah dan mengarahkannya dengan mencari ilmu yang berkaitan dengan membuat desain busana.

Beberapa hal yang perlu dipelajari antara lain berhubungan dengan mendesain pola baju, memilih bahan kain, proses menjahit, dan memeragakan busana tersebut di atas panggung.

Seorang fashion designer juga wajib mengikuti perkembangan tren busana yang terus berkembang sesuai zaman.

Jurusan kuliah yang berhubungan dengan fashion designer yaitu Tata Busana dan Fashion Business.

Ilustrasi desain seorang arsitek.Rencanamu.id Ilustrasi desain seorang arsitek.

3. Arsitek

Namanya juga arsitek, tentunya harus jago menggambar. Tidak hanya itu, kamu juga harus mempunyai kemampuan matematis dalam memperhitungkan desain bangunan dan wilayah di sekitarnya.

Selain itu, nilai artistik juga diperlukan seorang arsitek supaya desain bangunan yang dibuatnya tidak hanya kokoh, tetapi juga memiliki nilai seni yang membuat bangunan itu nantinya sedap dipandang.

Jurusan kuliah yang berhubungan dengan arsitek yaitu Aristektur, Aristektur Lanskap, Teknik Sipil, serta Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com