17 Negara Bicarakan Konsep PAUD dan Pendidikan Keluarga di Jakarta

Kompas.com - 05/11/2019, 17:35 WIB
Sebanyak 500 orang dari 17 negara berkumpul untuk membicarakan konsep Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Keluarga dalam acara Seminar Internasional PAUD dan Pendidikan Keluarga 2019 di Jakarta mulai tanggal 4-6 November 2019. KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJOSebanyak 500 orang dari 17 negara berkumpul untuk membicarakan konsep Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Keluarga dalam acara Seminar Internasional PAUD dan Pendidikan Keluarga 2019 di Jakarta mulai tanggal 4-6 November 2019.

KOMPAS.com - Memasuki era revolusi industri 4.0, tantangan pendidikan anak usia dini (PAUD) dirasakan kian bertambah berat. Pendidikan dituntut mampu melahirkan lulusan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dan berdaya saing tinggi.

Tantangan ini coba dijawab melalui Seminar Internasional Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang digelar Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kemendikbud di Jakarta, 4-6 November 2019. 

Tahun ini seminar internasional PAUD mengangkat tema “Melampaui Akses dan Partisipasi: Meningkatkan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Keluarga Sebagai Media untuk Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 2020".

Sebanyak 500 orang dari 17 negara berkumpul membicarakan konsep Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Keluarga dalam acara Seminar Internasional PAUD dan Pendidikan Keluarga 2019 di Jakarta mulai tanggal 4-6 November 2019.

Baca juga: Sri Mulyani Tanya Siapa Menteri Pendidikan, Anak-anak SD Kebingungan

“Tema tersebut dipilih karena mengingat tantangan pendidikan di abad ke-21 yang semakin berat,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Harris Iskandar dalam pembukaan acara Seminar Internasional Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Keluarga di Jakarta, Selasa (4/9/2019).

Berbagi praktik baik pendidikan

Menurutnya, tantangan abad ke-21 meniscayakan peningkatan kualitas sumber daya manusia agar memiliki kompetensi yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Ia berharap seminar internasional ini bisa menghasilkan inovasi baru dalam layanan di bidang pendidikan untuk meningkatkan penyediaan (PAUD) dan Pendidikan Keluarga yang berkualitas.

Ketua Pelaksana Seminar Internasional PAUD dan Pendidikan Keluarga 2019, Muhammad Hasbi mengatakan tujuan seminar kali ini adalah berbagi praktik terbaik penyelenggaraan PAUD di negara-negara peserta seminar.

Selain itu, acara seminar juga menjadi wadah berbagi penelitian baru untuk akademisi dan praktisi pendidikan.

“Juga untuk merumuskan bagaimana praktik PAUD terbaik ke depan,” kata Hasbi dalam konferensi pers Seminar Internasional PAUD dan Pendidikan Keluarga 2019.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X