Hari Guru Nasional, 5 Pesan Guru untuk Orangtua Turut Mendidik Anak

Kompas.com - 25/11/2019, 08:00 WIB
Ilustrasi guru dan murid shutterstockIlustrasi guru dan murid

KOMPAS.com - Pendidikan untuk anak bisa didapatkan di sekolah dan lingkungan si anak tinggal. Selain menjadi salah satu tugas guru, mendidik anak juga tak lepas dari tanggung jawab orangtua.

Walaupun orangtua telah menginvestasikan sejumlah materi untuk mendidik anak, bukan berarti proses mendidik telah selesai. Orangtua mesti turun tangan untuk mendidik anak di rumah bahkan bekerjasama dengan guru di sekolah.

Hal itu menjadi saran dari guru-guru yang Kompas.com hubungi. Berikut pesan-pesan guru untuk para orangtua dalam mendidik anak.

1. Berkomunikasi dengan guru

Guru Semut-Semut The Natural School Depok, M. Fuad Rizqi Ramadhan (23) mengatakan orangtua harus aktif berkomunikasi dengan guru. Orangtua bisa menanyakan perkembangan anak selama di sekolah maupun di rumah.

"Misalnya anaknya udh diarahin ikut les gitar, kalau bisa ditanya perkembangan di rumah, anaknya di rumah mesti latihan apa," ujar Fuad kepada Kompas.com di Depok, Jawa Barat.

Baca juga: Refleksi Hari Guru: Pengabaian di Ruang-ruang Kelas Kita

Guru di Binus School Simprug, Galuh Sakti Bandini (28) mengatakan guru tidak bisa bergerak sendiri untuk mendidik siswa karena pasti hasilnya tidak signifikan. Ia menekankan harus ada peran dari orangtua dan sekolah.

"Orang tua perlu ada dan mendampingi anak-anak mereka tanpa harus menekan dan membebaninya," ujar Galuh saat dihubungi Kompas.com.

Galuh mengatakan pendampingan sederhana bisa dimulai saat anak bertanya. Ia mencontohkan anak bisa bertanya pelajaran-pelajaran kepada orangtua.

2. Mengenalkan nilai-nilai baik di masyarakat

Guru SMAN 5 Bogor, Zafira Andini Muzzamil (22) mengatakan orangtua diharapkan juga mengenalkan nilai-nilai baik di masyarakat disertai alasannya kepada anaknya. Alasan setiap nilai-nilai yang ada di masyarakat juga penting diberikan agar anak memahami.

"Jangan dilarang tanpa alasan. Setiap aturan atau larangan dikasih tahu alasannya," ujar Zafira saat dihubungi Kompas.com.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X