6 Jurusan Kuliah Penting untuk Terjun di Bisnis Digital

Kompas.com - 30/11/2019, 08:00 WIB
ilustrasi Public Domain via Pixabayilustrasi

KOMPAS.com - Jurusan kuliah terkait bisnis digital kini banyak dilirik. Bisnis digital diharapkan menjadi titik tumpu perekonomian ekonomi Indonesia di masa mendatang. keberhasilan unicorn Indonesia menjadi salah satu tolak ukurnya.

Jika kamu tertarik terjun di bisnis digital, pilihan jurusan kuliah atau program studi apa yang sebaiknya dipilih?

Berdasarkan Rencanamu.id, ternyata pilihan jurusan kuliah atau prodi untuk terjun ke bisnis digital tidak melulu harus berkaitan dengan komputer dan teknologi. Berikut 6 jurusan kuliah atau prodi yang bisa kamu pilih agar siap terjun di bisnis digital: 

1. Prodi komputer dan teknologi

Industri digital berhubungan erat dengan bahasa pemrograman sehingga kalau kamu ingin terjun ke industri digital, prodi paling pas adalah terkait dengan bidang bidang komputer dan teknologi, di antaranya adalah Sistem dan Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Ilmu Komputer dan Teknik Komputer.

Baca juga: 25 Jurusan Kuliah Terbaik untuk Anak IPA dan Prospek Kariernya

Pada intinya, kalau kamu kuliah di salah satu bidang komputer dan teknologi, kamu akan lebih memahami bahasa pemrograman yang akan menjadi modal penting menjalani karier di industri digital.

Pasalnya, Pekerjaan ini tidak hanya  memastikan sistem yang sudah ada bisa tetap bekerja baik, tapi juga menciptakan inovasi baru.

Pilihan karier sesuai: Programmer Komputer, Analis Sistem Komputer, Web Developer, Developer Software, Aplikasi, Front End Developer, Full Stack Developer, Back End Developer dan Database Administrator.

2. Prodi ilmu bisnis 

Penguasaan tentang ilmu bisnis pasti sangat diperlukan guna mendongkrak performa perusahaan, termasuk di industri digital. Walaupun berbasis digital, kamu perlu ingat  industri ini juga tetaplah sebuah bisnis.

Itu mengapa, sebelum masuk ke industri ini tidak ada salahnya kamu belajar di program studi terkait dengan bisnis seperti Pemasaran Digital, Manajemen Bisnis dan Bisnis Digital.

Dengan ilmu yang kamu pelajari di program studi terkait bisnis, kamu bisa menganalisis pasar, menentukan target market serta mengembangkan strategi hingga produk yang mampu menarik konsumen di target tersebut.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X