Mengenal Jurusan Ilmu Perpustakaan, Penjelasan hingga Prospek Kerjanya

Kompas.com - 04/12/2019, 19:17 WIB
Suasana diskusi tentang ilmu perpustakaan di Gedung VIII Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJOSuasana diskusi tentang ilmu perpustakaan di Gedung VIII Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat.


KOMPAS.com - Sebentar lagi SNMPTN dan SBMPTN nih. Kamu sudah menentukan pilihan jurusan kuliah belum?

Buat kamu siswa kelas XII yang masih bingung memilih jurusan kuliah, ayo segera persiapkan. Kompas.com akan membahas satu persatu jurusan kuliah yang ada di Indonesia.

Kali ini Kompas.com akan mengulas jurusan kuliah yaitu Ilmu Perpustakaan. Berikut informasinya seperti dikutip dari Rencanamu.id.

Apa itu jurusan Ilmu Perpustakaan?

Ilmu perpustakaan merupakan sebuah ilmu yang melibatkan banyak keahlian di bidang Informasi teknologi, manajemen, dan pendidikan untuk mengumpulkan, merapikan dan menyimpan data.

Pada program studi ini kamu akan mempelajari bagaimana memecahkan permasalahan ilmiah di bidang ilmu perpustakaan dan informasi. Kamu juga akan belajar mengelola informasi yang berbentuk tercetak maupun tak tercetak alias digital seperti arsip dan rekod.

Baca juga: Sikoper, Aplikasi untuk Cari Koleksi Perpustakaan Kemendikbud

Program studi ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan pustakawan peneliti yang terampil dan memiliki daya saing dalam manajemen perpustakaan dan informasi, serta memiliki kompetensi khusus dalam pengelolaan sumber-sumber primer ilmu pengetahuan.
Alasan masuk Ilmu Perpustakaan

Jika kamu memiliki senang terhadap penyimpanan data dan ingin berkarir di bidang kepustakaan dan pengarsipan, kamu bisa memilih jurusan Ilmu Perpustakaan.

Kamu yang suka bermain dengan data, berkomunikasi dengan manusia, dan berimprovisasi di lembaga informasi, cocok banget masuk jurusan Ilmu Perpustakaan.

Di Ilmu Perpustakaan, kamu akan belajar teliti dan rapi dalam mengelola data. Jurusan ini akan mengajarkan kamu mengenai etika kepustakaan serta melatih daya analisa.

Jurusan ini akan menjadikan kita pustakawan yang kompeten dan membekali kita dengan keterampilan mengelola, mengorganisasi sumber-sumber informasi seperti buku, kaset, film, dan lainnya; dan melakukan pelayanan prima sesuai dengan perkembangan teknologi.

Dan terlebih apabila kamu menyenangi bidang pengembangan dan pengelolaan lembaga informasi, baik manual maupun digital, jurusan ini akan sangat membantu kamu untuk menjadi konsultan informasi atau konsultan perpustakaan yang kompeten.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X