"Sikoper", Aplikasi untuk Cari Koleksi Perpustakaan Kemendikbud

Kompas.com - 04/12/2019, 19:08 WIB
Pengunjung di Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta. Dok. Kementerian Pedidikan dan KebudayaanPengunjung di Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

KOMPAS.com - Bagi yang ingin mencari koleksi perpustakaan dan bahan publikasi yang tersebar di seluruh perpustakaan unit utama lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kamu bisa menuju Sistem Integrasi Koleksi Perpustakaan Kemendikbud ( SIKOPER).

Melalui Sikoper, seluruh koleksi tersebut terintegrasi dengan baik dan dapat diakses dengan mudah oleh seluruh pemustaka.

“Melalui Sikoper, pemustaka di seluruh Indonesia dapat memeroleh informasi mengenai koleksi perpustakaan Kemendikbud,” ujar Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat, Ade Erlangga dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Ia menambahkan, kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memungkinkan pengintegrasian koleksi perpustakaan Kemendikbud yang jumlahnya lebih dari ratusan ribu koleksi.

Baca juga: Perpusnas Tingkatkan Literasi dengan Perluas Perpustakaan hingga ke Desa

Sikoper terdiri atas kolaborasi koleksi perpustakaan, mulai dari koleksi perpustakaan dalam bentuk cetak yang terhimpun dalam katalog induk perpustakaan Kemendikbud dengan menggunakan sistem otomasi perpustakaan Slims (Senayan Library Management System).

Ada juga koleksi dalam bentuk digital yang dikelola oleh 120 satuan kerja di dalam repositori institusi Kemendikbud, dan koleksi ribuan artikel di dalam 46 jurnal ilmiah terbitan Kemendikbud yang dikelola menggunakan Open Journal System (OJS).

“Dengan layanan ini tentu dapat memudahkan bagi mereka yang ingin melakukan riset di bidang pendidikan, kebudayaan, bahasa, atau arkeologi, karena semua jurnal yang diterbitkan Kemendikbud dapat ditemukan di Perpustakaan Kemendikbud,” tutur Ade.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X