Anak Pedagang Sayur Berhasil Kuliah di Amerika, Ini Kisahnya

Kompas.com - 14/12/2019, 16:56 WIB
Aula bersama ibu di acara wisuda S1 di Universitas Syiah Kuala Dokumentasi pribadiAula bersama ibu di acara wisuda S1 di Universitas Syiah Kuala

KOMPAS.com - Siapa tak sangka, Aula Andika Fikrullah Al Balad (26), anak pedagang sayur di Aceh, ini berhasil bisa memperoleh beasiswa kuliah S2 di Lehigh University, Amerika Serikat.

Sebelumnya, Aula menyelesaikan kuliah S1 di Universitas Syiah Kuala Jurusan Pendidikan Fisika, sesuai dengan keinginannya.

Dilansir dari VOA Indonesia, Aula adalah anak tukang sayur di Gampong Lampasi, Darul Imarah, Aceh Besar. Berkat usaha keras didukung segudang prestasi dimilikinya, Aula mewujudkan impiannya kuliah di Amerika.

Sejak kecil bantu ibu jualan sayur

Saat berusia 7 tahun, tepatnya tahun 2000, sang ibu membangun kios kecil sederhana di depan rumah untuk berjualan sayur.

Namun, sebelum punya kios, sang ibu Siti Narimah atau akrab dipanggil Mak Cut berjualan sayur dengan cara keliling satu rumah ke rumah yang lain.

"Sejak menikah dengan almarhum ayah, ibu sudah jualan sayur," ujar Aula.

Baca juga: 53 Kali Gagal Tembus Beasiswa, Anak Pedagang Sayur Berhasil Kuliah di Amerika

Menurut Aula, sang ayah Ridhwan ditemukan meninggal di dekat sawah pada 2004. Waktu itu sedang terjadi konflik di Aceh.

Di tahun yang sama pula, dua kakaknya meninggal karena sakit dan menjadi korban bencana tsunami. Aula sendiri adalah anak bungsu dari tujuh bersaudara.

Meski jadi orangtua tunggal, Mak Cut tetap semangat berjualan sayur untuk mencukupi kebutuhan mereka sehari-hari.

"Saya ingat dulu sekolahnya jam dua siang. Jadi pagi ngantar ibu ke pasar untuk belanja sayur, kemudian saya jemput lagi. Barulah jam 2 saya berangkat sekolah," tutur Aula.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X