Kompas.com - 03/01/2020, 18:05 WIB

KOMPAS.com - Di balik udara sejuk, musim hujan juga identik dengan penyebaran penyakit yang sering menyerang anak-anak usia sekolah. Terlebih bila lingkungan rumah mengalami banjir.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) memprediksi puncak musim hujan akan terjadi antara Januari hingga Maret 2020.

Di tengah cuaca tak menentu, Senin (6/1/2020) anak tetap harus kembali masuk sekolah. Selain menyiapkan peralatan sekolah, orangtua juga perlu memastikan kalau tubuh anak juga siap menghadapi kegiatan belajar di kelas.

Menurut hasil penelitian Pusat Nasional Informasi Bioteknologi di Amerika Serikat NBCI, ditemukan ada sejumlah penyakit yang paling banyak menyerang anak-anak sekolah yang berpotensi mengganggu proses belajar di sekolah.

Penyakit kerap menyerang anak sekolah

Penelitian terhadap 890 siswa usia 8-15 tahun itu menemukan, penyakit yang kerap menyerang anak sekolah di rentang usia tersebut antara lain;

  1. Malaria atau penyakit bawaan nyamuk lainnya (91 persen)
  2. Diare (82 persen)
  3. Infeksi jamur kulit (66,3 persen)
  4. Batuk (53 persen)
  5. Flu (40 persen)
  6. Tifus (21,3 persen).

Baca juga: Agar Siswa Fit Sekolah, Orangtua Waspada 3 Penyakit Musim Hujan Ini

Gejala umum dari penyakit tersebut meliputi demam, muntah, sakit kepala, badan lemas, hingga kehilangan nafsu makan.

Kesehatan tubuh rendah tak hanya mengurangi kemampuan anak memahami pelajaran di sekolah, namun juga berpotensi membuat anak tak bisa mengikuti pelajaran di sekolah.

Walau anak bisa mengejar ketertinggalan, namun tekanan akademis yang akan dihadapi anak bisa menjadi lebih tinggi.

Pola Hidup Bersih dan Sehat

Menurut dokter spesialis anak Vicka Farah Diba, pada musim penghujan dan banjir, masalah kesehatan utama pada anak ialah kebersihan yang tak terjaga baik.

Salah satu cara efektif yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan anak di masa-masa sekolah ialah dengan membiasakan anak melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Apa itu? 

Halaman:


Video Pilihan

Sumber ncbi
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.