Kisi-kisi UN 2020 SMP/MTs: Ilmu Pengetahuan Alam

Kompas.com - 07/01/2020, 13:39 WIB
Ilustrasi: Sains KOMPAS.com/Kristianto PurnomoIlustrasi: Sains

KOMPAS.com - Siswa kelas 9 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah ( SMP/MTs) sebentar lagi bakal menghadapi Ujian Nasional (UN) 2020.

Jika tak disiapkan sejak dini, maka hasilnya bisa kurang sesuai harapan. Jadi, ayo mulai belajar mumpung masih ada waktu.

Seperti diberita sebelumnya, Kompas.com juga merangkum kisi-kisi UN Tahun Pelajaran 2019/2020 untuk mata Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika.

Baca juga: Kisi-kisi UN 2020 SMP/MTs: Bahasa Indonesia, Inggris dan Matematika

Dilansir dari laman Badan Standar Nasional Pendidikan ( BSNP), berikut kisi-kisi mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) beserta jadwal UN 2020 SMP/MTs.

Level kognitif

Pada level kognitif pengetahuan dan pemahaman, siswa harus mengidentifikasi, mendeskripsikan, menyebutkan, menunjukkan, membedakan, dan mengelompokkan.

Lingkup materi

  • Pengukuran, zat, dan sifatnya: siswa mampu memahami pengetahuan tentang; pengukuran, zat dan wujudnya, sifat dan perubahan zat, suhu dan kalor, sifat larutan, unsur, senyawa, dan campuran, zat aditif dan zat adiktif, dan atom, ion, molekul.
  • Mekanika dan tata surya: siswa mampu memahami pengetahuan tentang; gerak lurus, jenis gaya, penjumlahan gaya, hukum Newton, usaha, energi dan perubahan energi, sistem tata surya, gerak matahari, bumi, dan bulan, lapisan litosfir dan atmosfir yang terkait dengan perubahan zat dan kalor.
  • Gelombang, listrik, dan magnet: siswa mampu memahami pengetahuan tentang; getaran dan gelombang, cahaya dan alat optik, listrik statis, energi listrik dan daya listrik, kemagnetan.
  • Makhluk hidup dan lingkungannya: siswa dapat memahami pengetahuan tentang; gejala alam biotik dan abiotik, ciri-ciri/karakteristik makhluk hidup, interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan, dan bioteknologi.
  • Struktur dan fungsi makhluk hidup: siswa dapat memahami pengetahuan konsep tentang; sistem organisasi kehidupan, sistem gerak manusia, sistem pencernaan manusia, sistem peredaran darah manusia, sistem pernapasan manusia, sistem ekskresi manusia, sistem reproduksi manusia, jaringan tumbuhan, dan pewarisan sifat.

Level aplikasi

Pada level kognitif aplikasi, siswa harus mengklasifikasi, menginterpretasi, menghitung, mengurutkan, membandingkan, menerapkan, dan memodifikasi.

Lingkup materi

  • Pengukuran, zat, dan sifatnya: siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang; pengukuran, zat dan wujudnya, sifat dan perubahan zat, unsur, senyawa, dan campuran, pemuaian, suhu dan kalor, sifat larutan, zat aditif dan zat adiktif.
  • Mekanika dan tata surya: siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang; gerak lurus, hukum Newton, usaha, energi dan perubahan energi, pesawat sederhana, dan tekanan pada zat.
  • Gelombang, listrik, dan magnet: siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang; getaran dan gelombang, cahaya dan alat optik, bunyi, listrik statis, listrik dinamis, energi listrik dan daya listrik, kemagnetan, induksi, dan elektromagnetik.
  • Makhluk hidup dan lingkungannya: siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang; fenomena interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan tertentu, pencemaran lingkungan, prosedur pengklasifikasian, makhluk hidup, pemanfaatan bioteknologi.
  • Struktur dan fungsi makhluk hidup: siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang; mekanisme sistem gerak manusia, mekanisme sistem pencernaan manusia dan uji makanan, mekanisme peredaran darah manusia, mekanisme pernapasan manusia, menjaga kesehatan sistem ekskresi manusia, kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi manusia, percobaan fotosintesis, fungsi jaringan tumbuhan, pewarisan sifat dan kelangsungan makhluk hidup, penerapan bioteknologi pangan bagi kehidupan manusia.

Baca juga: Kisi-kisi UN SMP 2020 Semua Mata Pelajaran Sudah Bisa Diunduh di Sini

Level penalaran

Pada level kognitif penalaran, siswa harus menemukan, menyimpulkan, menggabungkan, menganalisis, merumuskan, dan memecahkan masalah.

Lingkup materi

  • Pengukuran, zat, dan sifatnya: siswa mampu bernalar tentang; zat dan wujudnya, suhu dan kalor, sifat dan perubahan zat, unsur, senyawa, dan campuran, sifat larutan.
  • Mekanika dan tata surya: siswa mampu bernalar tentang; gerak lurus, hukum Newton, usaha, energi, dan perubahan energi, pesawat sederhana, dan tekanan pada zat.
  • Gelombang, listrik, dan magnet: siswa mampu bernalar tentang; getaran dan gelombang, cahaya dan alat optik, listrik dinamis, dan kemagnetan.
  • Makhluk hidup dan lingkungannya: siswa dapat bernalar tentang; dampak pencemaran dan kerusakan lingkungan, dampak interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya.
  • Struktur dan fungsi makhluk hidup: siswa dapat bernalar tentang; keterkaitan antara sistem organ pada manusia, percobaan fotosintesis, pewarisan sifat makhluk hidup untuk meningkatkan kesejahteraan manusia.

Jadwal UN 2020 SMP/MTs

  • Sinkronisasi data: 16-17 April 2020
  • Pelaksanaan ujian: 20-23 April 2020

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X