Belajar Analisa dan Memetakan Soal lewat Info Grafis ala Siswa SMPN Jambi

Kompas.com - 10/01/2020, 19:55 WIB
Siswa SMPN 21 Batang Hari, Jambi. sedang melakukan pembelajaran menggunakan Graphic organizer (GO) yang dikembangkan Metty Hartina, guru bahasa Indonesia untuk melatih siswa terampil dalam mengidentifikasi informasi teks eksposisi. DOK. TANOTO FOUNDATIONSiswa SMPN 21 Batang Hari, Jambi. sedang melakukan pembelajaran menggunakan Graphic organizer (GO) yang dikembangkan Metty Hartina, guru bahasa Indonesia untuk melatih siswa terampil dalam mengidentifikasi informasi teks eksposisi.

KOMPAS.com - Tampilan visual dalam bentuk info grafis banyak diminati pembaca, terutama generasi milenial dan generasi Z yang akrab dengan visual.

Kelebihan info grafis yang memudahkan pembaca untuk menangkap poin-poin penting konten ternyata dapat pula digunakan sebagai media pembelajaran yang menarik minat siswa sekaligus memudahkan mereka dalam memahami materi ajar.

Misal penerapan Graphic organizer (GO) yang dikembangkan Metty Hartina, guru bahasa Indonesia SMPN 21 Batang Hari, Jambi. Dia ingin melatih siswanya terampil dalam mengidentifikasi informasi teks eksposisi.

GO adalah grafik visual yang menampilkan hubungan antara berbagai ide, konsep, fakta, dan istilah dalam satu topik utama.

Penggunaan GO dapat membantu mempermudah berbagai konsep, ide, teori, dan istilah baik yang sudah maupun yang sedang dipelajari.

Pemataan mudahkan pemahaman

Baca juga: Viral, Siswa SD Pasang Bet Sekolah Terbalik dan Tulisan Nama di Pundak

“Teks eksposisi merupakan teks yang berisi pengetahuan atau informasi yang bersifat ilmiah atau nonfiksi. Dengan dilatih membuat GO siswa belajar memetakan informasi dalam teks eksposisi sehingga menjadi lebih mudah dipahami,” kata Metty yang mengaku mendapatkan materi GO setelah mengikuti pelatihan Program PINTAR Tanoto Foundation.

Kegiatan dimulai dengan membagi kelas menjadi delapan kelompok. Setiap dua kelompok mendapat satu judul teks eksposisi yang sama.

Ada empat judul teks eksposisi yang disediakan guru, yaitu (1) Olahraga untuk Kesehatan, (2) Pendidikan Karakter, (3) Pemanasan Global, dan (4) Manfaat Lidah Buaya.

Secara berpasangan, siswa membaca teks eksposisi di dalam kelompoknya. Setelah membaca, siswa mencatat hal-hal penting yang terdapat dalam teks eksposisi.

Kegiatan dilanjutkan dengan saling mengonfirmasi hasil catatan masing-masing dalam kelompok mereka.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X