9 Rangkuman Seputar Re-akreditasi Bersifat Sukarela di Kampus Merdeka

Kompas.com - 27/01/2020, 15:33 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim meluncurkan kebijakan Kampus Merdeka. Peluncuran disampaikan Mendikbud Nadiem dalam rapat koordinasi kebijakan pendidikan tinggi di Gedung D kantor Kemendikbud, Jakarta, Jumat (24/1/2020). DOK. KEMENDIKBUDMendikbud Nadiem Makarim meluncurkan kebijakan Kampus Merdeka. Peluncuran disampaikan Mendikbud Nadiem dalam rapat koordinasi kebijakan pendidikan tinggi di Gedung D kantor Kemendikbud, Jakarta, Jumat (24/1/2020).


KOMPAS.com - Jika ingin bersaing di tingkat internasional, maka perguruan tinggi (PT) harus berinovasi dan bergerak cepat. Salah satunya ialah melakukan re-akreditasi.

Diharapkan, PT mengantongi akreditasi A. Akreditasi ini juga berlaku untuk tiap program studi. Akreditasi A sendiri akan diberikan bagi program studi (prodi) yang berhasil mendapatkan akreditasi internasional.

Berbicara akreditasi, ini adalah bagian dari kebijakan baru yang diluncurkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim di Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Kebijakan bertajuk Kampus Merdeka tersebut merupakan kelanjutan dari konsep Merdeka Belajar yang digagas Nadiem pada akhir Desember tahun lalu.

Baca juga: Kebijakan Kampus Merdeka Permudah PTN Berstatus Berbadan Hukum

Re-akreditasi PT dan prodi

Pada kebijakan Kampus Merdeka, terdapat empat penyesuaian kebijakan di lingkup pendidikan tinggi. Terkait akreditasi, ini bagian dari kebijakan Kampus Merdeka yang kedua.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Nadiem Makarim, sistem akreditasi itu adalah proses penilaian yang dilakukan pemerintah untuk menilai dua hal, yakni perguruan tinggi dan prodi itu sendiri.

Nantinya, program re-akreditasi bersifat otomatis untuk seluruh peringkat dan bersifat sukarela bagi perguruan tinggi dan prodi yang sudah siap naik peringkat.

"Pengajuan re-akreditasi PT dan prodi dibatasi paling cepat 2 tahun setelah mendapatkan akreditasi yang terakhir kali. Untuk perguruan tinggi yang berakreditasi B dan C bisa mengajukan peningkatan akreditasi kapanpun," kata Nadiem.

9 rangkuman terkait re-akreditasi

1. Semua perguruan tinggi dan prodi wajib melakukan proses akreditasi setiap 5 tahun.

2. Akreditasi yang sudah ditetapkan oleh BAN-PT tetap berlaku selama 5 tahun dan akan diperbaharui secara otomatis.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.