Tips Cegah Virus Corona dari Dekan FK UNS, 80 Persen Pasien Sembuh Sendiri

Kompas.com - 28/01/2020, 11:06 WIB
Tim medis memeriksa seorang pasien yang terinfeksi virus corona di Rumah Sakit Jinyintan Wuhan pada 26 Januari 2020. EPA-EFE/STRTim medis memeriksa seorang pasien yang terinfeksi virus corona di Rumah Sakit Jinyintan Wuhan pada 26 Januari 2020.

KOMPAS.com - Kabar duka masih menyelimuti Kota Wuhan China. Pasalnya, hadirnya Novel Coronavirus (2019-nCov) atau yang dikenal dengan virus corona menjadi gempar seluruh dunia.

Terkait virus corona, Dosen Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret ( UNS) Surakarta yang juga Dekan FK UNS, Dr. dr. Reviono, Sp.P (K) memberikan penjelasan.

Menurut dr Reviono, virus corona merupakan virus baru penyebab penyakit saluran pernafasan. Virus ini juga memiliki kedekatan dengan virus SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) dan MERS (Middle East Respiratory Syndrome).

Baca juga: Orangtua, Ini Panduan Gizi Anak Sekolah untuk Cegah Virus Corona

Kasus di Wuhan sendiri, penularan virus corona sangat cepat karena melalui manusia ke manusia. Sehingga masyarakat harus mengetahui gejala apa saja yang dirasakan jika terkena virus corona ini.

Gejala terinfeksi

Berikut gejala jika ada yang terinfeksi virus corona:

  • Batuk
  • Demam
  • Kesulitan bernafas

Jika ada gejala itu, biasanya ada riwayat kontak dengan pasien positif terkena virus corona serta yang bersangkutan melakukan bepergian ke luar negeri.

"Jika ada yang mengalami gejala seperti itu, maka segera periksakan diri ke pelayanan kesehatan atau rumah sakit supaya bisa segera di cek dan memperoleh tindakan medis," ujar dr Reviono dalam paparannya di laman resmi UNS, Senin (27/1/2020).

Tips cegah virus corona

Namun, Dekan FK UNS tersebut mengimbau agar masyarakat tidak panik. Sebab, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah terkena virus corona, yakni:

  • Sering melakukan cuci tangan pakai sabun
  • Gunakan masker
  • Konsumsi gizi seimbang
  • Perbanyak mengonsumsi sayur dan buah
  • Jaga kebugaran tubuh
  • Hindari sumber infeksi
  • Rajin olahraga dan istirahat cukup

Baca juga: Jangan Panik, Ini Cara Sederhana Cegah Virus Corona di Sekolah dan Rumah

Tips yang lain ialah, masyarakat untuk tidak mengonsumsi daging yang tidak dimasak. Dan jika sedang flu jangan keluar rumah supaya tidak jadi sumber infeksi.

"Selalu cuci tangan ketika habis bepergian itu sangat penting. Karena tangan kita sering menyentuh pegangan pintu, pegangan tangga, dan lainnya dikhawatirkan tangan kita terkena virus," imbuhnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X