Orangtua, Tumbuhkan Minat Baca Anak dengan 6 Cara Ini

Kompas.com - 03/02/2020, 12:24 WIB
Anak-anak sedang membaca buku di Yayasan Bustanul Hikmah milik Fauzi, penjual jamu di Sidoarjo, Minggu (7/4/2017). KOMPAS.com/RachmawatiAnak-anak sedang membaca buku di Yayasan Bustanul Hikmah milik Fauzi, penjual jamu di Sidoarjo, Minggu (7/4/2017).


KOMPAS.com - Perkembangan teknologi sekarang ini banyak merubah kebiasaan seseorang, tak terkecuali anak-anak. Salah satu soal yang muncul adalah semakin berkurangnya minat baca anak. 

Telah banyak studi dan hasil penelitian menunjukan anak jauh lebih banyak menghabiskan waktu di depan ponsel untuk bermain game ketimbang membaca.

Padahal membaca memberi banyak manfaat untuk anak, antara lain:

  • Membuat anak lebih kaya perbendaharaan kosakata
  • Memperlancar kemampuan berbicara
  • Menambah pengetahuan di luar yang diajarkan orangtua dan lingkungan
  • Menambah motivasi
  • Meningkatkan kreativitas
  • Mempengaruhi karakter anak

Baca juga: Dorong Minat Baca, Ada Taman Baca Gratis di Jakbar

Namun sebaliknya, anak yang kesehariannya hanya diisi dengan menonton televisi dan bermain game, mereka akan berpotensi besar tumbuh menjadi anak yang manja, egois dan individualis.

Saat ini, menumbuhkan minat baca sejak dini akan mempermudah mewujudkan budaya baca dan tradisi anak, khususnya TK dan SD pada kemampuan membaca dan menulis ke depannya.

Hanya saja, mengimplementasikan kegiatan positif tersebut pada anak bukan perkara mudah. Selain karena lebih cenderung kesukaanya pada digitalisasi, anak juga tidak bisa dipaksa begitu saja untuk membaca buku.

Tapi jangan khawatir. Bagi orangtua, ini ada 6 tips/cara yang efektif agar membuat anak gemar membaca yang dirangkum dari laman Sahabat Keluarga Kemendikbud RI.

1. Sediakan bahan bacaan di rumah

Tips pertama ialah dengan menyediakan banyak bahan bacaan berupa buku, majalah, komik, koran dan lain sebagainya yang relevan untuk anak, atau buat semacam perpustakan di rumah.

Melalui cara ini, anak telah terbiasa dekat dengan bahan bacaan dan tentunya akan mempermudah anak dalam mengakses bacaan karena bahan bacaan itu ada di rumah.

2. Luangkan waktu setiap hari

Bagi orangtua, contohkan pada anak untuk meluangkan waktu setiap harinya agar membaca. Hal ini dapat dilakukan ketika pagi hari sebelum berangkat kerja atau sepulang kerja ketika anak sedang di rumah.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X