Kompas.com - 04/02/2020, 15:08 WIB
Ilustrasi mahasiswa SHUTTERSTOCKIlustrasi mahasiswa

KOMPAS.com - Di semester akhir, mahasiswa umumnya memiliki banyak waktu luang karena jatah mata kuliah sudah mulai berkurang. Kegiatan organisasi pun tak sepadat dulu saat berstatus mahasiswa baru.

Dengan begitu, ada banyak aktivitas yang bisa kamu pilih untuk mengisi waktu. Nah, untuk kamu yang berharap cepat mendapatkan kerja, ada sejumlah kegiatan yang perlu dicoba di tengah-tengah mengerjakan skripsi atau menunggu jadwal sidang.

Merangkum dari Rencanamu.id, sejumlah kegiatan ini dinilai penting karena dapat membuat diri kamu dilirik oleh para pencari kerja saat hari kelulusan tiba.

1. Magang di tempat impian

Semester akhir bisa menjadi waktu yang tepat untuk kembali magang selama beberapa bulan. Bila dulu magang hanya dianggap kewajiban memenuhi SKS, namun kini magang telah menjadi pintu gerbang menuju perusahaan impian.

Baca juga: 7 Skill Ini Perlu Dimiliki Mahasiswa agar Mudah Dapat Kerja

Cobalah melamar di lembaga atau perusahaan yang ingin kamu masuki setelah lulus nanti. Bila tak ada info magang di website resmi, manfaatkan waktu luang untuk mengontak bagian HRD.

Manfaatkan kesempatan magang untuk menunjukkan kinerja terbaik dan menjalin hubungan baik dengan banyak orang, terutama atasan.

Pasalnya, kini banyak perusahaan yang lebih memilih 'mantan' anak magang yang berkinerja baik untuk jadi karyawan, ketimbang memilih kandidat yang belum dikenal.

2. Kunjungi Career Center

Sejumlah kampus kini memiliki fasilitas Career Center. Di Career Center, mahasiswa bisa mendapatkan informasi dan bimbingan yang dibutuhkan untuk persiapan kerja.

Mulai dari mendapat bimbingan menyusun cover letter, CV, hingga tips menghadapi interview. Termasuk konsultasi seputar pilihan karier, terutama bagi kamu yang galau antara melanjutkan S2 atau kerja dahulu.

Tak hanya itu, Career Center juga menjadi 'ladang' untuk mencari lowongan magang hingga pekerjaan. Bukan tak mungkin, ada perusahaan yang memang bekerja sama dengan kampusmu sehingga lulusan akan lebih diprioritaskan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.