Tingkatkan SDM di Bidang Migas, Universitas Pertamina Kerja Sama dengan Politeknik

Kompas.com - 05/02/2020, 17:28 WIB
Ilustrasi Universitas Pertamina Dok. Universitas PertaminaIlustrasi Universitas Pertamina

KOMPAS.com - Universitas Pertamina bekerja sama dengan sejumlah politeknik di Indonesia untuk merevitalitasi kurikulum pendidikan vokasi. Penyiapan program studi (baru) juga menjadi sasaran kerja sama antara Universitas Pertamina dan politeknik untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia.

Rektor Universitas Pertamina Prof Akhmaloka, Phd mengatakan, kerja sama tersebut juga dilakukan bersama PT Pertamina. Adapun kerja sama dilakukan lantaran memenuhi kebutuhan sumber daya manusia di bidang perminyakan dan gas bumi.

"Kami sudah punya beberapa MOU dengan beberapa politeknik setempat. Itu tidak hanya di Balikpapan tapi juga di beberapa kilang karena Pertamina sedang memperbaharui kilang-kilang menjadi modern," kata Prof Akhmaloka seusai acara Dies Natalies Universitas Pertamina ke-4 di Jakarta.

Baca juga: Rektor Universitas Pertamina: Jumlah Lulusan STEM di Indonesia Masih Kalah Jauh dari China dan India

Adapun sejumlah politeknik yang bekerja sama dengan Universitas Pertamina di daerah Balikpapan, Cirebon, Bontang, Samarinda, dan Cilacap. Kebutuhan sumber daya manusia nantinya akan diarahkan lebih terampil dan berkualitas tinggi.

"Jadi kami kerja sama dengan pendidikan vokasi yang ada di sana. Kami harapkan merevitalisasi prodi-prodi yang mungkin terkait dengan kita (Universitas Pertamina) untuk tenaga kilang," ujar Prof. Akhmaloka.

Adapun kerja sama juga dilakukan untuk menyiapkan prodi baru di politeknik. Prof Akhmaloka menyebutkan, pihak Universitas Pertamina juga sedang melakukan akreditasi.

"Kalau terakreditasi B institusi boleh membuka prodi baru sendiri, jadi itu bisa lebih memudahkan," tambah Prof Akhmaloka.

Menurutnya, konsep pendidikan vokasi kan bisa menyesuaikan kebutuhan di masa-masa tertentu.

Adapun politeknik yang bekerjasama dengan Universitas Pertamina adalah STT Migas Balikpapan, Politeknik Negeri Samarinda, Politeknik Negeri Balikpapan, Politeknik Negeri Cilacap, dan Akamigas Balongan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X