Kuasai 17 Kemampuan ini Sejak Sekolah agar Sukses di Masa Depan

Kompas.com - 06/02/2020, 16:52 WIB
Ilustrasi mahasiswa internasional. ShutterstockIlustrasi mahasiswa internasional.

KOMPAS.com - Bila pengetahuan (knowlegde) bisa dengan mudah dieksplor melalui buku bahkan mesin pencari Google, namun tidak begitu dengan sejumlah keterampilan yang hanya biasa dibentuk melalui pengalaman.

Sehingga, selain berfokus pada nilai akademis, orangtua dan guru dinilai perlu mengembangkan sejumlah kemampuan yang diperlukan di abad 21 dalam diri anak.

CEO platform pendidikan berbasis teknologi Zenius Education Rohan Monga mengatakan, "Tes akademis bukan hal yang paling penting di era sekarang, namun penguasaan soft skill menjadi yang tak kalah penting."

"Pengetahuan dapat ditemukan di Google, namun tidak dengan soft skill," imbuhnya dalam acara Pengumuman Pendanaan Seri A yang diterima Zenius Education, yang berlangsung di GoWork, Jakarta, Rabu (6/2/2020).

Baca juga: 7 Skill Ini Perlu Dimiliki Mahasiswa agar Mudah Dapat Kerja

Sebelum menjabat sebagai CEO Zenius Education, Monga sempat menjabat sebagai Chief Operating Officer Gojek dan menjadi figur integral dalam terbentuknya perusahaan rintisan decacorn pertama di Indonesia itu.

Berdasar pengalaman akademis dan karier di bidang teknologi, dalam kesempatan yang sama Monga memaparkan “21st Century Skill” atau kemampuan di abad 21 yang perlu dimiliki oleh anak sekolah agar lebih mudah sukses di masa depan.

Ada 17 kemampuan yang perlu dimiliki yang terbagi dalam 3 kategori, yakni:

Foundational literacies (kemampuan literasi dasar)

Kemampuan literasi dasar diperlukan untuk bisa menjalankan kegiatan hingga kewajiban sehari-hari. Kemampuan ini umumnya dipelajari di sekolah dan di rumah, yaitu:

1. Literasi baca tulis.
2. Numerasi.
3. Literasi sains.
4. Literasi digital.
5. Literasi finansial.
6. Literasi budaya dan kewarganegaraan.

Competencies (kompetensi)

Setelah menguasai kemampuan literasi dasar, maka selanjutnya siswa juga perlu memiliki sejumlah kompetensi. Dengan harapan siswa tak hanya pintar materi, namun juga pandai mengimplementasikan ilmunya di kehidupan nyata. Kompetensi tersebut ialah:

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X