IPB dan Himpunan Alumni IPB University Terima Penghargaan dari BNPB

Kompas.com - 07/02/2020, 17:31 WIB
IPB University dan Himpunan Alumni (HA) IPB University mendapat penghargaan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kategori Dunia Pendidikan, Yayasan atau Foundation yang telah berpartisipasi dalam penanggulangan bencana tahun 2019. Penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh Kepala BNPB, Doni Monardo dalam Rapat Koordinasi Nasional BNPB tahun 2020 di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Selasa (4/2). Dok. IPB UniversityIPB University dan Himpunan Alumni (HA) IPB University mendapat penghargaan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kategori Dunia Pendidikan, Yayasan atau Foundation yang telah berpartisipasi dalam penanggulangan bencana tahun 2019. Penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh Kepala BNPB, Doni Monardo dalam Rapat Koordinasi Nasional BNPB tahun 2020 di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Selasa (4/2).

KOMPAS.comIPB University dan Himpunan Alumni (HA) IPB University mendapat penghargaan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) Kategori Dunia Pendidikan, Yayasan atau Foundation yang telah berpartisipasi dalam penanggulangan bencana tahun 2019.

Penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh Kepala BNPB, Doni Monardo dalam Rapat Koordinasi Nasional BNPB tahun 2020 di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Selasa (4/2).

Penghargaan tersebut diberikan kepada mitra BNPB yang telah berpartisipasi aktif dalam melakukan pengendaian bencana di masyarakat.

Tak hanya dunia pendidikan, melainkanpenghargaan tersebut juga diberikan kepada lembaga dan instansi pemerintahan, media, lembaga swadaya masyarakat, perorangan dan penghargaan kepada aktivis yang sudah meninggal.

Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi IPB University, Prof. Dr Ir Dodik Ridho Nurrochmat mengatakan IPB University berusaha meminimalisir terjadinya bencana melalui upaya pencegahan.

"IPB University telah membantu menentukan spesies-spesies tanaman yang cocok ditanam untuk misalnya penanggulangan banjir, seperti sereh, akar wangi dan lainnya," kata Prof. Dodik dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Tahun 2020, IPB Buka Program Studi Statistika dan Sains Data

Adapun rekomendasi tersebut seperti kombinasi-kombinasi tanaman apa yang cocok untuk ditanam. Selain itu, rekomendasi tanaman yang sesuai kontur tanah tetapi juga yang cocok dengan kondisi sosial ekonomi masyarakat.

Prof. Dodik menjelaskan upaya pencegahan bencana dengan menanam spesies tanaman yang cocok harus sesuai dengan kondisi sosial ekonomi masyarakat agar masyarakat tidak mengubah dan mengganti tanaman yang sudah ditanam.

Di samping itu, Prof. Dodik juga menjelaskan upaya IPB University dalam melakukan penanggulangan bencana melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN).

"IPB University mencoba membantu melalui KKN di Sungai Ciliwung yang bekerjasama dengan BNPB dalam penataan lahan. Di sana ada budidaya ternak, kentang dan kopi, jadi tempatnya kita tata," ujar Prof. Dodik.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X