Kompas.com - 09/02/2020, 14:13 WIB


KOMPAS.com - Anak-anak sekolah di jam istirahat pasti mencari jajanan. Bisa di kantin, atau di luar pagar sekolah. Hal ini wajar bagi siswa karena jajan adalah wajib bagi mereka.

Khusus bagi siswa SD, jajanan di luar sekolah terkadang lebih menarik dibanding yang ada di kantin sekolah. Meski demikian, untuk kualitas makanan atau minuman belum bisa terjamin.

Jadi, gimana caranya menentukan jajanan itu sehat atau tidak? Berikut tips yang dibagikan dari laman Sahabat Keluarga Kemendikbud untuk memilih jajanan sehat atau tidak.

Informasi ini sangat cocok dibagikan pada orangtua atau pihak sekolah serta anak itu sendiri. Tujuannya agar anak/ siswa terhindar dari jajanan tidak sehat.

Baca juga: Orangtua, Berikut 5 Kunci Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus

Namun, informasi ini hanya himbauan saja. Sebab, dimungkinkan jajanan di luar sekolah juga ada yang sehat. Hanya saja anak/ siswa harus lebih berhati-hati ketika membeli jajanan dari luar.

Ini 6 cara menentukan jajanan sehat atau tidak:

1. Amati warnanya

Ketika ada penjual makanan atau minuman di luar sekolah, misalnya es krim, mi atau kerupuk, maka coba amati warnanya. Jika berbeda dan mencolok dengan warna aslinya (bahan makanan) maka sebaiknya dihindari.

Karena kemungkinan menggunakan zat pewarna kimiawi yang bisa berakibat buruk pada tubuh.

2. Cicipi rasanya

Jika sudah terlanjur membeli, maka sebaiknya dicicipi terlebih dahulu rasanya. Kalau terasa sangat tajam atau keras, hampir bisa dipastikan makanan itu tidak sehat.

Karena rasa tajam itu (sangat gurih/manis) biasanya karena menggunakan obat gula, bukan gula asli. Jajanan berasa tajam juga karena mengandung monosodium glutamate (MSG) yang tinggi.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.