Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Global University Expo 2020, Langkah Awal Kuliah ke Luar Negeri

Kompas.com - 10/02/2020, 21:00 WIB
Ayunda Pininta Kasih,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Majunya dunia pendidikan, diiringi dengan semakin canggihnya teknologi, membuat pertukaran informasi menjadi kian mudah, termasuk informasi untuk melanjutkan studi ke luar negeri.

Hampir semua universitas di dunia kini membuka pendaftaran untuk mahasiswa internasional, bahkan tak segan memberikan pendanaan alias beasiswa.

Walau begitu, mendaftar kuliah maupun beasiswa tentu bukan perkara mudah. Ada cukup banyak langkah yang perlu dijalani sampai akhirnya kamu bisa diterima di kampus impian.

Salah satu langkah awal yang bisa dilakukan ialah menghadiri pameran pendidikan luar negeri, seperti Global University Expo 2020 yang berlangsung di InterContinental Hotel Pondok Indah, Jakarta, Minggu (9/2/2020).

Acara yang diselenggarakan oleh JACK Study Abroad ini memfasilitasi calon mahasiswa bertemu langsung dengan 30 perwakilan universitas di Inggris, Amerika Serikat, Kanada, Singapura, Australia dan Selandia Baru.

Baca juga: 5 Pilihan Beasiswa Parsial untuk Melanjutkan S2 di Inggris

Dengan begitu, informasi seputar jurusan dan kampus, proses pendaftaran, hingga pengajuan beasiswa bisa langsung didapatkan oleh peserta secara cepat dan tepat.

"Manfaat lain menghadiri expo ini meningkatkan awareness dan motivasi kepada calon mahasiswa Indonesia terkait manfaat dan pengalaman bagus yang akan didapat ketika memutuskan untuk kuliah ke luar negeri," papar Country Director JACK Study Abroad Juwita Megasari.

Juwita menekankan, berkuliah di luar negeri juga akan memberikan mahasiswa pengalaman yang jauh berbeda sekaligus mengasah beragam kemampuan seperti kemandirian, tanggung jawab, kemampuan beradaptasi, bersosialisasi dan toleransi dengan orang-orang dari budaya yang berbeda.

Kemudahan selama proses persiapan

Selain pameran, Global University Expo 2020 juga mengadakan seminar bertema “Study in UK” yang dimentori oleh Global Admission Director JACK Study Abroad David Few. Seminar ini terbuka bagi pelajar yang akan melanjutkan jenjang kuliah S1, S2, maupun S3.

Selama seminar, peserta dibekali tentang jalur yang bisa dilalui hingga akhirnya bisa kuliah di Inggris. Termasuk beragam pilihan universitas yang bisa dituju.

Hal lain yang dibahas selama seminar ialah Foundation studies. Universitas di Inggris umumnya membuka jalur Foundation untuk mematangkan persiapan mahasiswa.

Biasanya, Foundation studies dilakukan untuk mahasiswa yang belum memenuhi persyaratan masuk universitas karena perbedaan kurikulum atau nilai akhir yang belum memenuhi standar universitas.

Di akhir sesi, dijelaskan pula pentingnya berkolaborasi dengan konsultan atau perwakilan universitas luar negeri yang ada di Indonesia.

Few menyebutkan, manfaat yang bisa didapat antara lain konsultasi dalam memilih jurusan hingga universitas, peluang beasiswa, bimbingan selama proses pendaftaran, jasa penerjemah, persiapan tes bahasa seperti IELTS dan TOEFL, pengajuan visa, pengaturan keberangkatan, hingga bimbingan selama masa studi.

Baca juga: Beasiswa S2 Belanda bagi Profesional Muda Tanpa Harus Berhenti Kerja

Dengan begitu, persiapan kuliah ke luar negeri diharapkan bisa dilalui dengan matang dan minim hambatan.

Selanjutnya, Global University Expo 2020 akan kembali dilaksanakan pada bulan September 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com