Isi dan Format Portfolio Jurusan Seni dan Olahraga di SNMPTN 2020

Kompas.com - 14/02/2020, 10:21 WIB
Ilustrasi desainer interior SHUTTERSTOCKIlustrasi desainer interior

KOMPAS.com - Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) merupakan salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana (S1) tahun 2020. Pendaftaran SNMPTN 2020 resmi dibuka pada 14 - 27 Februari 2020.

Dalam tahapan pendaftaran SNMPTN, disebutkan siswa pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah.

Menurut laman resmi LTMPT dan SNMPTN, yang dimaksud dengan portofolio adalah dokumentasi kumpulan karya dan atau penampilan (performance) siswa dalam bidang Seni atau Olahraga.

Dijelaskan pula, isi portofolio merupakan kombinasi antara dokumentasi karya atau penampilan yang khusus dibuat oleh peserta sesuai dengan instruksi untuk setiap bidang dan dokumentasi karya atau penampilan yang telah dimiliki atau dibuat sebelumnya oleh peserta semasa mengikuti pendidikan menengah.

Baca juga: Pendaftaran SNMPTN 2020 Dibuka, Berikut Tahapan dan Link Pendaftaran

Portfolio kemudian akan diunggah bersamaan dengan pendaftaran SNMPTN 2020.

Program studi yang mewajibkan penyertaan portofolio

Bidang Seni

Terdiri dari Seni Rupa, Seni Murni, Kriya, Seni Musik, Musik, Tari, Seni Pertunjukan, Teater, Fotografi, Film dan Televisi, Seni Karawitan, Etnomusikologi, Sendratasik; program kependidikan dalam bidang seni seperti Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan Musik, Pendidikan Tari, Pendidikan Sendratasik, Pendidikan Seni Pertunjukan, dan/atau Pendidikan Kriya; serta Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Desain Produk atau Desain Produk Industri.

Bidang Olahraga

Terdiri dari Ilmu Keolahragaan, Pendidikan Jasmani, Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar, dan Pendidikan Kepelatihan Olahraga.

Isi dan format portfolio sesuai jurusan yang dipilih

1. Seni Rupa, Desain, dan Kriya

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Sumber LTMPT
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X