80,4 Persen Remaja Yakin Dapat Pekerjaan Layak, Ini “Rahasianya”

Kompas.com - 18/02/2020, 15:51 WIB
Ilustrasi remaja bercengkrama ISTOCKPHOTO/FERLISTOCKPHOTOIlustrasi remaja bercengkrama

KOMPAS.com - Bicara soal memilih jurusan dan perguruan tinggi yang kini ramai diperbincangkan, tentu tak terlepas dari pertimbangan prospek karier di masa depan.

Pasalnya, tiap program studi menawarkan prospek karier yang berbeda-beda, sehingga perencanaan matang sebelum memilih jurusan pada saat seleksi masuk perguruan tinggi perlu dipertimbangkan.

Selain melakukan pertimbangan, membekali diri dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia kerja juga tak kalah penting demi mencapai karier impian. Sebab, inilah yang membuat sebagian besar remaja di Indonesia merasa percaya diri akan mendapat pekerjaan layak.

Berdasarkan survei yang dilakukan CewekBanget.ID  dan HAI Online di sejumlah wilayah di Indonesia seperti Medan, Pekanbaru, Batam, Lampung, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Malang, dan Makasar, didapati 80,4 persen remaja percaya diri mendapatkan pekerjaan layak di masa depan.

Alasan mereka merasa percaya diri akan mendapat pekerjaan layak ialah karena memiliki kompetensi atau keterampilan khusus.

Baca juga: 7 dari 10 Profesi Paling Bersinar 2022 Butuh Skill dari Jurusan Ini

Theresia Ribka misalnya, siswi SMK Waskito Pamulang Jurusan Multimedia menganggap bahwa kompetensi atau nilai akademik yang baik bisa menjadi salah satu modal mendapatkan pekerjaan yang layak.

Theresia mengatakan, “Kalau aku percaya diri karena nilai akademik yang lumayan bagus untuk menjamin masa depanku nanti.”

Pendapat lain diutarakan oleh Abiel Kristianto. Sebagai alumni Universitas Tarumanegara, Abiel menganggap memiliki keterampilan yang berkaitan dengan dunia kerja adalah faktor yang juga penting untuk menunjang karier di masa depan.

Baca juga: 7 Skill Ini Perlu Dimiliki Mahasiswa agar Mudah Dapat Kerja

“Aku kemarin baru magang di kontraktor. Awalnya memang untuk memenuhi kebutuhan kampus, tetapi saat sudah lulus baru sadar kalau magang ternyata penting untuk pengalaman kerja nanti," tutur Abeil.

Menariknya, dari semua responden remaja yang percaya diri akan mendapat pekerjaan layak di masa depan, 89 persen di antaranya ternyata pernah melakukan kegiatan transisi seperti magang.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X