"Fresh Graduate" Ingin Dapat Pekerjaan Layak? Perhatikan 2 Kunci Ini

Kompas.com - 19/02/2020, 12:33 WIB
Ilustrasi wawancara kerja DragonImagesIlustrasi wawancara kerja
|


KOMPAS.com - Ada sebuah survei yang menyebut banyak remaja merasa percaya diri bisa mendapatkan pekerjaan layak di masa depan. Ini karena mereka sudah punya kompetensi atau keterampilan khusus.

Survei itu dilakukan oleh CewekBanget.ID & HAI Online pada 2.442 remaja perempuan dan laki-laki berusia 15-24 tahun yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia.

Untuk besaran remaja yang percaya diri itu ialah 80,4 persen. Sedangkan yang tidak yakin mendapatkan pekerjaan jumlahnya ada 19,6 persen.

Mereka yang tidak yakin dapat pekerjaan layak di masa depan itu karena jumlah pencari kerja terus meningkat dan kompetensi mereka tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Baca juga: Lembaga Dipandang Orang Muda Belum Bekali Ilmu Siap Kerja, Harusnya...

Namun, dari hasil survei itu juga disebutkan bahwa banyak siswa merasakan manfaat magang untuk mendapatkan keterampilan dan menunjang karier di masa depan. Ternyata besarannya ada 92 persen.

Berdasarkan hal itu, agar semakin memuluskan transisi remaja dari sekolah ke dunia kerja, sekolah memang harus menjalin kerja sama dengan dunia industri.

Pada survei itu juga dijelaskan bahwa selain mendapatkan pengalaman kerja, membuka jaringan dan kompetensi baru, magang juga mengasah hard skill dan soft skill.

Hard skill meliputi keahlian utama yang dibutuhkan dunia kerja dan keterampilan khusus yang tidak ada di sekolah. Sedangkan soft skill lebih pada kepribadian yang memengaruhi hubungan interpersonal satu dan lainnya.

Jika kamu sudah lulus sekolah atau kuliah dan sudah pernah magang, apakah kamu sudah siap masuk dunia kerja dan dapat pekerjaan layak? Kalau bisa, kamu adalah salah orang yang sama pemikirannya dengan remaja yang percaya diri dapat pekerjaan layak.

Namun, bagaimana caranya agar sukses dapat pekerjaan layak? Berikut ini dua kuncinya, yakni disampaikan tips membuat curriculum vitae (CV) dan tips saat wawancara kerja.

Baca juga: 80,4 Persen Remaja Yakin Dapat Pekerjaan Layak, Ini “Rahasianya”

1. Tips buat CV

Jika kamu belum memiliki pengalaman dalam hal membuat CV, maka ini tips membuat CV yang dibagikan dari CewekBanget.ID & HAI Online.

  • Cantumkan identitas diri yang lengkap.
  • Pastikan deskripsi yang singkat dan padat.
  • Bagi keterampilan menjadi soft skill dan hard skill.
  • Buat CV yang kreatif.
  • Memiliki CV daring seperti LinkedIn.
  • Siapkan portofolio dengan kreatif.

 

2. Tips saat wawancara kerja

Bagi kamu yang baru lulus sekolah atau lulus kuliah ( fresh graduate), ini ada tips saat wawancara kerja. Apa saja itu?

  • Ceritakan latar belakang kemampuan diri kita, seperti pendidikan, kursus-kursus yang diikuti, bukan tentang latar belakang keluarga.
  • Jangan melebih-lebihkan kenyataan yang ada.
  • Sampaikan kemampuan dan pengalaman yang dimiliki.
  • Jawab pertanyaan dengan realitas yang ada.
  • Jawab jujur kelemahan yang kita miliki.
  • Jabarkan kontribusi positif yang bisa kita berikan untuk perusahaan.
  • Jelaskan potensi kita untuk selalu berusaha belajar dan mengalahkan kelemahan kita.

Baca juga: Kenali Jenis-jenis Magang sebagai Modal Awal Masuk Dunia Kerja

 

Artikel ini merupakan kerja sama antara Kompas.com dan CewekBanget.ID serta Hai Online. Artikel utama dapat dilihat melalui: https://cewekbanget.grid.id/involve/ilo/

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X